Masyarakat Dukung DPKP dan DLHP Kota Ambon Atasi Pohon Tumbang - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Masyarakat Dukung DPKP dan DLHP Kota Ambon Atasi Pohon Tumbang

Masyarakat Dukung DPKP dan DLHP Kota Ambon Atasi Pohon TumbangAMBON, LELEMUKU.COM – Hujan deras disertai angin yang terjadi di Kota Ambon, Provinsi Maluku sejak Senin, (03/06/2019) pagi, yang mengakibatkan pohon tumbang dibeberapa lokasi dapat diatasi dengan sigap oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon didukung masyarakat setempat.

Kepada tim media center Kota Ambon, Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran dan Penyelematan, Neil Edwin Pattikawa menyatakan, kejadian tersebut merupakan dampak yang ditimbulkan oleh hujan yang disertai angin kencang yang tidak berhenti sejak senin pagi.

“Kondisi pohon yang rindang, dengan dedaunan yang sarat menutupi pohon sementara batang pohon yang tidak terlalu besar dan kuat menjadi sangat rawan tumbang ketika datang musim penghujan yang disertai angin kencang,” jelas Kadis.

Aksi yang dilakukan tim DPKP, lanjut Kadis, berdasarkan laporan yang diterima dari masyarakat. “Ketika kejadian, masyarakat menghubungi tim DPKP yang bertugas dan kemudian kami mengambil langkah-langkah pemotongan dan pembersihan,” Terangnya.

Kadis juga menghimbau kepada masyarakat baik yang tinggal di lereng-lereng perbukitan, bantaran sungai maupun wilayah yang dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang untuk lebih berhati-hati dan waspada.

“Kita tengah berada dalam musim penghujan, saya harap masyarakat lebih berhati-hati dan waspada terhadap dampak yang diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi. Untuk masyarakat yang lingkungannya terdapat pohon-pohon besar dan rindang, kiranya dapat berperan aktif untuk bagaimana mengurangi dampak dari kondisi hujan seperti ini dengan melalukan penebangan pada dahan pohon yang lapuk atau dilihat tidak kuat,” himbaunya.

Sebagai bentuk dukungan kepada DPKP, Pasukan Kuning bentukan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) melakukan pembersihan terhadap sisa-sisa potongan pohon.

Diketahui, beberapa lokasi pohon tumbang yang sudah ditangani antara lain, Daerah Kopertis, Depan Wisma BPKP Belakang Soya, Depan Hotel Manise Tanah Tinggi, Depan Kantor Pengadilan Negeri Ambon, Jembatan Gurita Lateri dan Tanjakan 2000 Kebun Cengkeh. (DiskominfoSandiAmbon)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...