-->

Jelang Idul Fitri di Maluku, Bank Indonesia Siapkan Sistem Pembayaran Tunai dan Non-Tunai

Jelang Idul Fitri di Maluku, Bank Indonesia Siapkan Sistem Pembayaran Tunai dan Non-TunaiAMBON, LELEMUKU.COM - Guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri Tahun 1440 H / 2019, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Maluku telah mempersiapkan sistem pembayaran tunai dan non tunai agar dapat melayani kebutuhan masyarakat.

"Berbagai langkah telah dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan uang tunai, dengan cara mengoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai di wilayah Provinsi Maluku. Sebagaimana halnya siklus tahunan, selama periode Ramadhan dan Idul Fitri umumnya terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai dan sistem pembayaran non-tunai untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat," ujar Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Maluku, Bambang Pramasudi melalui Kepala Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) BI, Teguh Triyono, dalam rilis media yang diterima Lelemuku.com pada Jumat (31/05/2019).

Pada periode Mei 2019 sampai dengan tanggal 31 Mei, terdapat penarikan (outflow) dari perbankan sebesar Rp739,1 miliar atau meningkat sebesar 97,94% dari tahun 2018. Sementara untuk setoran perbankan (inflow) sampai dengan tanggal 31 Mei 2019 tercatat sebesar Rp226,6 miliar atau mengalami penurunan 24,59% jika dibandingkan tahun 2018.

Beberapa kebijakan yang telah ditempuh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku dalam upaya peningkatan pelayanan kebutuhan (uang) stakeholders menjelang Idul Fitri 2019, diantaranya; melanjutkan kerjasama dengan seluruh perbankan di Kota Ambon (23 bank) dalam melayani penukaran baik kepada nasabah maupun non nasabah bank.

Melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan perbankan: Kas Keliling dalam kota dan luar kota dengan total 10 titik pelayanan (9 dalam kota dan 1 luar kota) yang dilakukan secara mandiri

Kemudian bekerja sama dengan 7 (tujuh) perbankan dalam pelaksanaan kas keliling di 3 titik dalam kota dengan pengiriman uang ke Kas Titipan BI yakni Namlea di Kabupaten Buru, dan Fakfak, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Selama persiapan menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1440H, total penukaran sebesar Rp5,17 miliar dengan jumlah penukar tercatat sebanyak 1.691 orang. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel