-->

Petrus Fatlolon Pimpin Upacara Hardiknas ke 118 di Kepulauan Tanimbar

Kekuatan Pendidikan dan Kebudayaan Menjadi Makna Hardiknas ke 118 Tahun 2019SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggelar Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka Peringatan Hari Penididikan Nasional (Hardiknas) ke-118 Tahun 2019 dengan Tema ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’ pada Kamis (02/05/2019).

Melalui Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI), Muhadjir Effendy yang dibacakan oleh Bupati Petrus Fatlolon, SH., MH mengatakan bahwa saat ini Presiden Ir. H. Joko Widodo memberi perhatian kepada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), yang merupakan kekuatan dari sektor pendidikan dan kebudayaan.

Tema dari Hardiknas tahun ini mencerminkan pesan penting KI Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan guna membingkai hadirnya SDM yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

“Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan SDM menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan, yaitu pendidikan berkarakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja,” kata dia di Lapangan Upacara Kantor Bupati Tanimbar, Jln. Ir. Soekarno, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Bupati Fatlolon juga menambahkan bahwa peserta didik saat ini didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi yang lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan. Selaras dengan itu, dalam konteks kebudayaan, posisi kebudayaan sebagai baris pendidikan nasional semakin kukuh dengan disahkannya Undang-Undang No 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, serta kongres kebudayaan 2018. Implementasinya diharapkan semakin meningkatkan ketahanan budaya, meningkat pula dalam mengambil peran di tengah peradaban dunia,” lanjutnya.

Selain Bupati Fatlolon, upacara tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Piterson Rangkoratat, SH, Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariatan Daerah (Setda) Damianus Lamere, ST, Asisten Bidang Administrsi dan Umum Bambang Eko Priyanto, S.Pd, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Cornelis Belay, S.Sos, M.Si dan Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya serta para staff, Pejabat Eselon III dan IV, para Tokoh Agama, Para Guru serta siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Saumlaki. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel