Pantau Dana BOS, Pemkab Tanimbar Buat Aplikasi 'Si BOS Pintar' - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Pantau Dana BOS, Pemkab Tanimbar Buat Aplikasi 'Si BOS Pintar'

Pantau Dana BOS, Pemkab Tanimbar Buat Aplikasi 'Si BOS Pintar'SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) membuat aplikasi ‘Si BOS Pintar' demi percepatan pengendalian internal dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bidang Sekolah Dasar (SD) dengan berbasis aplikasi.

Si BOS Pintar adalah akronim dari Sistem Pengelolaan Berbasis Aplikasi Bantuan Operasional Sekolah sebagai Pengendalian Internal Dispenbud Tanimbar. Cara kerjanya didesain untuk mempermudah dalam pengendalian internal, seperti pengaturan, parameter, penatausahaan, anggaran, pelaporan dan aset.

Kadispenbud Tanimbar, Bambang Eko Priyanto, S.Pd melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Dispenbud, Agustinus Ohoitimur, S.Sos., M.I.Kom mengatakan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan maka ada tiga unsur yang perlu dilakukan menuju pendidikan yang cerdas yakni ketersediaan sarana dan prasarana, sumber daya manusia dan sistem kurikulum.

“Hal ini akan menjadikan mutu pendidikan dan kualitas pendidikan yang baik dan juga harus dibarengi dengan pembinaan yang cukup sehingga segala kebutuhan pendidikan akan terjawab dengan baik,” kata dia kepada Lelemuku.com di ruang kerjanya pada Senin (20/05/2019).

Ohoitimur menjelaskan tentang tujuan dari aplikasi itu diantaranya untuk jangka pendek dua bulan, ialah tersedianya si BOS PINTAR di kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) sebagai sampel dan jangka menengah satu tahun, ialah tersedianya Si BOS Pintar pada tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Selaru, Nirunmas, Wermaktian, Firdata, MoluMaru, Wuarlabobar dan Tanimbar Utara (Tanut) serta akan tersedianya Peraturan Bupati (Perbup) tentang aplikasi itu.

“Tujuan jangka panjang lima tahun, ialah terintegrasi aplikasi si bos pintar dengan aplikasi Pemkab Tanimbar lainnya dalam rangka tatakelola dan pengendalian keuangan dan memasukan dana BOS Sekolah Menegah Pertama ke dalam sistem,” jelasnya.

Ohoitimur pun mengungkapkan banyak manfaat dari penggunaan aplikasi itu, adanya peningkatan pengendalian monitoring dan pelaoran BOS secara baik, mempermudah stakeholder untuk mendapatkan informasi tatakelola BOS, meningkatkan pelayanan publik secara efektif dan efiien dan pencapaian visi misi Pemkab Tanimbar yaitu menjadikan masyarakat Kepulauan Tanimbar yang sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri.

“Ada juga manfaat bagi masyarakat, masyarakat bisa mengetahui secara transparan akan pengelolaan dan pemanfaatan BOS untuk kepentingan pendidikan,” ungkap dia. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...