-->

Lukas Enembe Pastikan Beasiswa Otsus Dibuka Di 5 Wilayah Adat

Lukas Enembe Pastikan Beasiswa Otsus Dibuka Di 5 Wilayah AdatWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Gubernur Papua, Lukas Enembe mengapresiasi keberhasilan putra-putri Papua yang telah menyelesaikan studi di dalam maupun luar negeri dengan predikat yang membanggakan.

Dimana saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua sedang menyiapkan proses seleksi beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) 2019 bagi siswa unggul asli Papua yang berada di lima wilayah adat yakni Mamta, Saereri, Anim Ha, La Pago, dan Mee Pago.

“Tahun ini, proses seleksi beasiswa Otsus terbuka transparan di semua kabupaten kota di Papua yang berada di 5 wilayah adat Papua,”ungkap Gubernur saat berdialog dengan mahasiswa Papua, Minggu (05/05/2019) di Oregon Amerika Serikat, kemarin.

Gubernur mengatakan bahwa pendaftaran seleksi beasiswa Otsus tahun 2019 dilakukan secara terbuka dan langsung di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Provinsi Papua. Pendaftaran adiministrasi dibuka mulai tanggal 1 Mei hingga 11 Mei 2019.

“Kalau selama ini, anak-anak yang diakomodir sebagian besar dari Jayapura, maka mulai tahun ini perekrutan dilakukan di semua kabupaten dan kota melalui SMA dan SMK. Dan ini menjadi tugas kepala sekolah untuk menyiapkan pelajar asli Papua,” katanya.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan bahwa Sekertaris Daerah (Sekda) beserta jajaran dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) asli Papua diantaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Biro Hukum, Biro Otsus Papua, Dinas Pendidikan dan Pengajaran dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) telah bekerja mendukung terselenggaranya seleksi beasiswa tersebut.

Semenjak bulan Januari 2019, telah disiapkan dokumen dan administrasi pendukung seleksi beasiswa Otsus yakni dokumen perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM), Standart Operasional Prosedur (SOP) tentang mekanisme rekrut penerima beasiswa dengan standar ISO 9001 dan dokumen Pendayagunaan SDM Papua.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengingatkan mahasiswa Papua yang sedang menimba ilmu  di Oregon dan kota-kota lainnya di Amerika termasuk di  Eropa dan Asia  agar kuliah dengan baik sehingga bisa menyelesaikan studinya tepat waktu. “Anak-anakku sekalian, saya minta agar kalian sekolah dengan baik supaya menyelesaikan studi tepat waktu,” bilang Enembe.

Ditempat yang sama Kepala Biro Otonomi Khusus (Otsus), Aryoko F Rumaropen, SP.Meng menjelaskan bahwa seleksi penerima beasiswa Otsus Papua digelar mulai tanggal 1 Mei 2019 hingga pengumuman pada tanggal 29 mei 2019.

Pendaftaran untuk seleksi administrasi dibuka di SMA dan SMK se-Papua mulai tanggal 1 Mei  hingga 11 Mei 2019 kemudian akan dilanjutkan dengan tes  akademik yang akan dibuka langsung Gubernur Papua di Jayapura.

Rumaropen tambahkan, program beasiswa Otsus untuk siswa unggul asli Papua adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Papua melalui Biro Otonomi Khusus Setda Provinsi Papua kepada Putra-Putri Orang Asli Papua lulusan SMA/SMK sederajat tahun 2019. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel