-->

Kemenkes RI-Pemprov Sulut Gelar Flying Health Care di Kepulauan Talaud

Kemenkes RI-Pemprov Sulut Gelar Flying Health Care di Kepulauan TalaudMANADO, LEELMUKU.COM - Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, RSUP Prof RD Kandou dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Talaud melaksanakan kegiatan Flying Health Care (FHC) atau pelayanan kesehatan bergerak terpadu di  Talaud mulai tanggal 13 hingga 17 Mei 2019.

Dalam rencana strategis Kementerian Kesehatan tahun 2015-2019 dinyatakan salah satu inovasi pelayanan dalam upaya  meningkatkan akses dan mutu fasyankes melalui optimalisasi fungsi FKTP dengan FHC. Adapun sasaran FHC adalah provinsi yang memiliki daerah terpencil, sangat terpencil dan kabupaten/kota yang kekurangan tenaga dokter spesialis dan tenaga kesehatan strategis.

"Kegiatan FHC akan melayani masyarakat di Pulau Karatung, Kakorotan dan Marampit. Tim yang melayani dari Kemenkes berjumlah 12 orang, dari Dinkes Sulut dan RSUP Kandou ada 10 orang dan 5 orang dari Dinkes Talaud," kata Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr. Debie Kalalo, MSc.PH di Manado, Minggu (12/05/2019) sore.

Kalalo menyebut sejumlah pelayanan kesehatan yang dapat dilakukan tim FHC di Talaud.

"Tim FHC akan melakukan pelayanan kesehatan umum dan pengobatan, pelayanan kesehatan spesialistik THT, kebidanan, kandungan untuk kesehatan reproduksi, pelayanan oleh dokter bedah, penyuluhan gizi dan penyakit tidak menular dan screening penyakit tidak menular dan menular dan penyuluhan gizi anak balita dan pencegahan stunting," kata Kalalo.

"Kemudian pelatihan pengembangan kesehatan tradisional dgn TOGA dan kelompok Asuhan Mandiri pemanfaatan TOGA dan akupresur sederhana, pelayanan KB, pelaksanaan inisiasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pelayanan KIA dan promkes dan pemantapan program imunisasi," sambung Kalalo.

Lebih jauh, Kalalo menerangkan bahwa kegiatan Flying Health Care merupakan komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan ke seluruh masyarakat Sulut.

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan oleh Pemprov Sulut bersama Kemenkes RI. (HumasSulut)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel