-->

Dinkes Maluku Gelar Sosialisasi Gema Cermat di Kepulauan Tanimbar

Dinkes Maluku Gelar Sosialisasi Gema Cermat di Kepulauan TanimbarDinkes Maluku Gelar Sosialisasi Gema Cermat di Kepulauan TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Dinas Kesehatan Provinsi Maluku menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) yang merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Menurut Kepala Seksi Farmasi Dinkes Maluku selaku Ketua Panitia, Shirley Pinontoan bahwa sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tetang pentingnya menggunakan obat dengan benar dan meningkatkan kemandirian serta perubahan perilaku masyarakat dalam memilih dan menggunakan obat secara benar.

“Meningkatkan penggunaan obat secara rasional, termasuk antibiotik,” kata dia di Aula Hotel Incla pada Kamis (23/05/2019).

Shirley mengungkapkan banyak masalah yang masih ditemui pihaknya terkait penggunaan obat secara tidak rasional di masyarakat yang diakibatkan karena kurangnya pemahaman tentang penggunaan obat, seperti penggunaan obat bebas secara berlebihan atau over dosis, kejadian efek samping maupun interaksi obat atau penyalahgunaan obat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Dinkes Maluku Gelar Sosialisasi Gema Cermat di Kepulauan TanimbarSelain itu masih banyak masyarakat yang sering melakukan swamedikasi atau upaya mandiri mengatasi keluhan atau gejala penyakit sebelum memutuskan untuk mencari pertolongan ke fasilitas pelayanan kesehatan.

“Berdasarkan permasalahan yang ada maka perlu dilakukan upaya kesehatan berbasis masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang. Salah satunya dalam peningkatan penggunaan obat rasional dimana masyarakat perlu memahami bahwa dalam pelayanan kesehatan, obat harus digunakan secara tepat dan rasional agar mencapai efek pengobatan,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada dua hari sejak Rabu (22/05/2019) itu dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Tanimbar, Agustinus Utuwaly, S.Sos dan melibatkan peserta berjumlah 150 orang, yang terdiri dari Apoteker, Perwakilan Organisasi Profesi Kesehatan, Dharma Wanita Tanimbar, Persit dan Bhayangkari, Organisasi Keagamaan, KNPI, Kader Posyandu, Kepala Puskesmas terpilih serta pengelolah obat dan para wartawan. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel