Agustinus Utuwaly Minta Masyarakat Tanimbar Gunakan Obat Antibiotik Dengan Benar - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Agustinus Utuwaly Minta Masyarakat Tanimbar Gunakan Obat Antibiotik Dengan Benar

Agustinus Utuwaly Minta Masyarakat Tanimbar Gunakan Obat Antibiotik Dengan BenarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM  - Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Agustinus Utuwaly, S.sos meminta seluruh masyarakat di daerah yang dipimpinnya tersebut untuk menggunakan obat antibiotik dengan benar sesuai resep dokter.

Hal itu ia ungkapkan pada saat membuka kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) yang dihadiri oleh Apoteker, Perwakilan Organisasi Profesi Kesehatan, Dharma Wanita Tanimbar, Persit dan Bhayangkari, Organisasi Keagamaan, KNPI, Kader Posyandu, Kepala Puskesmas terpilih serta pengelolah obat dan para wartawan di Aula Hotel Incla pada Kamis (23/05/2019).

“Keprihatinan dan kepedulian kita semua akan sangat membantu masyarakat Tanimbar agar menggunakan obat dengan benar serta menjadikan Kepulauan Tanimbar sebagai kabupaten yang masyarakatnya sehat dan cerdas menggunakan obat,” kata dia.

Agustinus Utuwaly Minta Masyarakat Tanimbar Gunakan Obat Antibiotik Dengan BenarUtuwaly mengungkapkan  bahwa Penggunaan Obat yang Rasional (POR) di daerah itu belum sepenuhnya terlaksana dengan baik terutama unit-unit pelayanan kesehatan dasar, seperti di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). Hal tersebut dilihat dari masih tingginya penggunaan antibiotik pada penderita Ispa Non Pneumonia dan diare non spesifik.

”Ini terjadi karena belum semua puskesmas memiliki tenaga apoteker, serta kurangnya sosialisasi bagi masyarakat sehingga masih banyak pula masyarakat yang membeli obat tanpa resep dari petugas kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Maluku selaku Ketua Panitia, Shirley Pinontoan menambahkan bahwa sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tetang pentingnya menggunakan obat dengan benar dan meningkatkan kemandirian serta perubahan perilaku masyarakat dalam memilih dan menggunakan obat secara benar.

“Meningkatkan penggunaan obat secara rasional, termasuk antibiotik,” tambahnya. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...