104 Wisatawan dari Kapal Pesiar MV Silver Discoverer Kunjungi Matakus - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

104 Wisatawan dari Kapal Pesiar MV Silver Discoverer Kunjungi Matakus


104 Wisatawan dari Kapal Pesiar MV Silver Discoverer Kunjungi MatakusMATAKUS, LELEMUKU.COM – 104 wisatawan dari berbagai Negara untuk kelima kalinya  di tahun 2019 ini mengunjungi Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku dengan menggunakan Kapal Pesiar bernama MV. Silver Discoverer yang berbendera Bahamas pada  Jumat (17/05/2019).

Para wisatawan bersama 102 awak kapal telah menambah jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) di daerah yang dijuluki Bumi Duan Lolat  menjadi 1.103 orang di tahun 2019 ini yang berpesiar dari Kota Darwin, Australia Bagian Utara dan tiba serta berlabuh di Perairan Pulau Matakus pada pukul 06.30 WIT.

Sebelum transit beberapa jam di salah satu  pulau destinasi wisata Tanimbar tersebut, para turis melakuan clearings oleh Tim Custom, Immigratition, Quarantine dan Port (CIQP) atau Tim yang terdiri dari Karantina, Bea dan Cukai, Imigrasi serta Syahbandar bersama PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) di atas kapal buatan Jepang tersebut pada pukul 07.30 WIT.

104 Wisatawan dari Kapal Pesiar MV Silver Discoverer Kunjungi MatakusSetelah proses administrasi tuntas, para turis  diantar tour leader Kapal Pesiar secara bergantian dengan menggunakan tiga perahu karet ke pesisir pantai Desa Matakus dan langsung disambut oleh tua –tua adat desa  untuk melakukan prosesi adat sebagai bentuk penerimaan dari masyarakat setempat yang ditandai dengan pemberian minuman tradisional, Sopi dan pengalungan syal Tenun Ikat Tanimbar kepada dua orang perwakilan wisatawan pada pukul 08.30 WIT.

Selepas prosesi adat, para wisatawan dipandu oleh pemandu wisata dari Dinas Pariwisata Tanimbar menuju ke dalam desa untuk menyaksikan tiga tarian yang disuguhkan oleh muda-mudi desa itu, kemudian menuju ke Sekolah Dasar (SD) Matakus guna menyaksikan proses belajar mengajar dan gereja tua di desa itu.

104 Wisatawan dari Kapal Pesiar MV Silver Discoverer Kunjungi MatakusTerlihat saat berkeliling desa, para wisman juga berinteraksi dengan masyarakat yang sedang membuat perahu, membersihkan kacang merah, menumbuk jagung serta mengambil foto dari proses memasak yang masih mengunakan tungku api, rumah tradisional, design dan motif bangunan serta Lelemuku yang dalam Bahasa Fordata adalah Bunga Anggrek Larat yang merupakan tanaman endemik di Kepulauan Tanimbar dan dijadikan sebagai flora khas dari Provinsi Maluku.

Salah satu wisatawan dari Australia, Diana yang pertama kali tiba di pantai wisata itu mengatakan sangat takjub dengan keindahan pantai yang masih sangat alami dan memiliki pasir yang indah itu.

“Air laut yang indah, jangan dikotori. Ini sangat bagus,” kata dia spontan saat turun dari perahu karet.

Sementara turis lainnya, John mengatakan selain melakukan tur keliling desa, ia juga ingin sekali melihat dan membeli aneka makanan lokal serta barang-barang kerajinan tangan sebagai cideramata kepada keluarga dan rekan kerjanya.

“Saya ingin melihat makanan tradisional dan survenir disini tetapi tidak ada, mungkin di kesempatan lain bisa disediakan,” ungkap dia kepada Lelemuku.com.

Kemudian pada pukul 10.30 WIT para wisman kembali ke pantai wisata untuk berjemur, berenang dan menyelam. Tepat di pukul 12.00 WIT para wisatawan pun melanjutkan perjalanan pesiar ke Kota Wyndham, Kimberley, Australia Bagian Barat.

Kapal pesiar MV. Silver Discoverer dengan bobot 5.218 GT ini dijadwalkan akan kembali mengunjungi Kep. Tanimbar pada Selasa (21/05/2019), Minggu (02/06/2019), Kamis (06/06/2019), Sabtu (22/06/2019) dan Jumat (24/06/2019) di Desa Matakus, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) dan Sangliat Dol, Kecamatan Wertamrian. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...