-->

WWF Klaim Papua Masih Miliki Tutupan Hutan Luas

WWF Klaim Papua Masih Miliki Tutupan Hutan LuasJAYAPURA, LELEMUKU.COM - World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia Program Papua mengklaim bumi cenderawasih masih memiliki tutupan hutan luas yang dapat berkontribusi aktif terhadap peningkatkan emisi CO2,  khususnya yang berasal dari perubahan tutupan lahan (land use change).

Tak sampai disitu, Direktur WWF Indonesia Program Papua, Benja Victor Mambai menyebut Provinsi Papua dengan luas 31.406.664 hektar, merupakan salah satu provinsi yang memiliki tutupan hutan alam luas di antara anggota Governor Climate Forum (GCF).

“Intinya kalau kita lihat perubahan penggunaan lahan hingga kini masih menjadi penyebab emisi CO2 terbanyak, termasuk di Bumi Cenderawasih.”

“Maanya, sektor berbasis lahan telah ditetapkan sebagai prioritas untuk memenuhi target pengurangan emosi emisi nasional,” ucap ia di Jayapura, dalam rilisnya kemarin.

Masih dikatakan, Provinsi Papua saat ini menghadapi banyak tantangan dalam tata kelola hutan, termasuk deforestasi dan degradasi hutan akibat pembalakan liar. Sehingga upaya pembangunan rendah emisi diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut.

“Makanya kemarin Komisi Daerah (KOMDA) Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan (PIPB) Provinsi Papua bermitra dengan WWF Indonesia, sepakat bahwa dua Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di wilayahnya akan menjadi proyek percontohan persiapan untuk pembangunan yurisdiksi rendah karbon (emisi) yakni Biak Numfor-Supiori dan Yapen.”

“Program ini dinilai bisa sekaligus memberi ruang dalam mengakomodir nilai-nilai budaya orang Papua dengan mempertimbangkan karakteristik lahan, tipe dan fungsi hutan.”

“Selain itu, kondisi daerah aliran sungai, sosial, budaya dan ekonomi serta lembaga adat, termasuk hukum adat serta batas wilayah adat juga menjadi pertimbangan karakteristik,” tuntasnya.  (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel