-->

Perpustakaan Pura Besakih, Perpustakaan Khusus Pendukung Budaya Bali

Perpustakaan Pura Besakih, Perpustakaan Khusus Pendukung Budaya BaliDENPASAR, LELEMUKU.COM - Perpustakaan Pura Besakih tergolong perpustakaan khusus karena sebagian besar koleksinya mendukung kegiatan keagamaan dan kebudayaan khususnya budaya Bali, namun demikian keberadaannya di bawah naungan OPD Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali.

Mengenai jam layanan dibuka setiap hari kecuali hari besar dan hari libur nasional layanan ditutup. Menurut salah satu petugas layanan, I Wayan Budiarta mengatakan tingkat kunjungan pemustaka cukup fluktuatif artinya pemustaka ramai berkunjung hanya bila ada upacara tertentu, seperti hari raya Siwa Latri, Purnama Kedasa, Panca Bali Krama dan Eka Dasa Ludra serta bila ada kegiatan budaya lainnya.

Sedangkan pada hari-hari biasa hanya satu dua orang yang berkunjung bahkan tidak ada sama sekali. Demikian dikatakan kepada Kepala Seksi Automasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali, I Made Manik Astrawan beserta beberapa staf ketika berkunjung ke tempat itu pada hari Selasa (19/2).

Dilihat dari segi fasilitas masih sangat kurang. Lebih lebih di zaman Teknologi Informasi mesti dilengkapi dengan fasilitas jaringan Wi-Fi sehingga pemustaka dapat memperoleh informasi yang lengkap sesuai dengan yang diperlukan.

Mengingat data bahan perpustakaan yang merupakan koleksi Perpustakan Pura Besakih sudah seluruhnya terekam dalam suatu sistem aplikasi perpustakaan yang dapat memudahkan para pengunjung dalam mencari buku yang dibutuhkan bahkan langsung dari perangkat gawai masing-masing. Di sini peran pemerintah terutama pemerintah daerah mesti cepat tanggap terhadap situasi demi kemajuan perpustakaan dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Terkait dengan fasilitas Wi-Fi juga besar pengaruhnya lebih-lebih pura Besakih selain sebagai pura terbesar di Bali juga merupakan objek wisata dunia yang setiap hari dikunjungi oleh wisatawan. Bila wisatawan ingin mengakses langsung kunjungannya akan lebih mudah dan bagi kita merupakan keuntungan dalam mempromosikan objek wisata yang kita miliki.(DiskominfoBali)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel