Pembangunan di Kalimantan Jadi Bukti Kerja Nyata Jokowi-Jusuf Kalla - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Pembangunan di Kalimantan Jadi Bukti Kerja Nyata Jokowi-Jusuf Kalla

PONTIANAK, LELEMUKU.COM  - Kalimantan adalah kepulauan terluas di Indonesia dan menjadi pulau nomor tiga terbesar di dunia. Tanah Borneo yang dikenal akan daerah rawa ini, memiliki wilayah seluas 743.330km2. Menjadikan Pulau Kalimantan termasuk salah satu kekayaan alam Indonesia.

Namun di kepulauan ini, tanah Kalimantan tidak sepenuhnya dimiliki oleh bangsa Indonesia. Sebab, letak wilayah teritorialnya bersebelahan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Faktor geografis inilah, yang membuat pemerintahan Indonesia harus menetapkan sebaran wilayah agar membedakan Kalimantan, Indonesia dengan 2 negara ASEAN tersebut.

Pengerjaan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) tidak boleh diundur-undur lagi, karena Indonesia harus mengetahui dan menjaga batas wilayah negaranya dengan negara tetangga. Oleh karena itu, selama 4,5 tahun memimpin Indonesia, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tidak tinggal diam untuk mempercepat proyek PLBN di Provinsi Kalimantan Barat.

Proyek PLBN ini sesuai dalam Nawacita pemerintahan Jokowi-JK. Pembangunan perbatasan wilayah tertuang dalam poin ketiga dari Nawacita Jokowi-JK yang berisikan “membangun Indonesia dari pinggiran”. Sehingga pembangunan tak lagi terpusat di perkotaan saja (sentralisasi), melainkan juga harus dilakukan penyebarannya hingga pelosok nusantara (desentralisasi).

Pemerintahan Jokowi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun PLBN bagi masayarakat Kalimantan Barat. Pembangunan PLBN ini tidak hanya sebagai penanda batas wilayah Indonesia dengan negeri Jiran, tetapi juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga di sekitarnya.

Dengan adanya pembangunan PLBN dapat memperlancar transportasi masyarakat Kalimantan Barat dari perbatasan untuk membawa hasil bumi dengan askses jalan yang lebih baik. Ini merupakan wujud dari program pemerintah Jokowi untuk terus membangun Indonesia dari daerah pinggiran dan menjadikan pos lintas batas negara sebagai beranda depan Indonesia yang membanggakan.

Proyek PLBN yang dicanangkan oleh pemerintahan Jokowi ini memberikan harapan baru bagi rakyat Indonesia, khususnya Provinsi Kalimantan Barat. Presiden Jokowi memberikan bukti bahwa dirinya tidak pernah pilah-pilih dalam menghadirkan pembangunan yang merata dan terus mengusung konsep Indonesia-sentris, demi memberikan solusi bagi kemajuan peradaban bangsa. (TPN)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...