-->

Pantau Pemanfaatan Tol Laut, Budi Karya Sumadi Kunjungi Tanimbar

Pantau Pemanfaatan Tol Laut, Budi Karya Sumadi Kunjungi TanimbarLOLURUN, LELEMUKU.COM - Guna memastikan pemanfaatan Tol Laut di Indonesia Timur, Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi pada Rabu (27/03/2019) pada pukul 11.45.WIT tiba di Bandar Udara Mathilda Batlayeri, Jalan. Mangkawar, Desa Lorulun, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Menggunakan Pesawat Hawker 900 XP PK-CR dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, dirinya tiba bersama dengan rombongan yang terdiri dari Dirjen Perhubungan Laut pada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Ir. R. Agus Purnomo, Dirut PT. Pelni, Insan Purwarisya Tobing, Dirut Lalulintas Laut, Capt Wisnu Handoko dan staff dari Kementerian Perhubungan RI.

Kunjungan kerja perdana Menhub dan rombongan ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanimbar,  Piterson Rangkoratat, SH; Kapolres MTB AKBP Andre Sukendar, S.IK; Dandim 1507/Saumlaki, Letkol Rahmad Soerodin, S.IP; Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr. Hanla; Danyonif 734/SNS Letkol lfn Edwin Charles; Kadis Ops Satrad 245 Mayor Lek Heri Wibowo, Sekertaris Dishub Tanimbar F.J Jethalur; Kepala Pelni Saumlaki, Obenego Mahuhuwa, Kepala UPBU Mathilda Batlayeri, Januaris Seralurin.SH dan para pimpinan SKPD Tanimbar.

Budi Karya disambut oleh Forkopimda dengan pemberian kain tenun Tanimbar oleh tua- tua adat Desa Lolurun. Selanjutnya usai beristirahat di ruang VIP, rombongan menuju Kantor Unit Pelayanan Bandar Udara Saumlaki untuk melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Optimalisasi Pemanfaatan Tol Laut Tahun Anggaran 2019.

Pantau Pemanfaatan Tol Laut, Budi Karya Sumadi Kunjungi TanimbarDalam rapat yang dihadiri oleh seluruh pemegang kepentingan termasuk para puyluhan pengusaha dan pemilik toko di Tanimbar, Budi menyatakan bahwa tol Laut tidak hanya digunakan oleh Kapal Tol Laut akan tetapi bisa juga dengan menggunakan kapal-Kapal Penumpang dari Pelni yang dipatok dengan harga yang murah.

"Subsidi Pemerintah untuk Tol Laut harus dimanfaatkan langsung perpengusaha dengan harapan sama-sama menentukan harga yang dapat terjangkau. Termasuk peningkatan efektifitas Pelabuhan dan format terbaik untuk menghilangkan perbedaan-perbedaan harga Tol Laut di Indonesia," kata dia.

Ditegaskan program tol laut yang digagas Presiden Jokowi merupakan konsep pengangkutan logistik yang menyambungkan pelabuhan-pelabuhan besar di nusantara dan untuk menekan disparitas harga kebutuhan pokok di wilayah Indonesia Timur, termasuk di Tanimbar dan Maluku secara umum.

Budi Karya juga menyatakan masukan dan keluhan dari pihak-pihak terkait soal tol laut di Tanimbar sudah ia catat dan akan disampaikan ke Presiden Jokowi.

Rakor selesai pada pukul 13.50.WIT. Rombongan selanjutnya kembali berangkat dari Saumlaki menggunakan Pesawat Hawker 900 XP PK-CR  menuju Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra). (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel