-->

Yalimo dan Halmahera Timur Miliki SPBU BBM Satu Harga

Yalimo dan Halmahera Timur Miliki SPBU BBM Satu HargaJAKARTA, LELEMUKU.COM – Untuk mewujudkan komitmen dalam menyalurkan energi berkeadilan bagi masyarakat di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal), PT Pertamina (Persero) - Marketing Operation Region VIII, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dan Kementerian ESDM  kembali meresmikan dua SPBU Kompak. Yaitu,  SPBU Kompak 86.995.19  di Distrik Abenaho, Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua dan SPBU Kompak 86.976.13 di Kecamatan Maba Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, pada Selasa (26/2).

Program ini merupakan bagian dari program BBM Satu Harga di wilayah Papua dan Maluku Utara.

Hadir dalam peresmian di Yalimo adalah Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa, Region Manager Retail Fuel Marketing VIII, Fanda Chrismianto, dan Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Yalimo Yosua Kepnop.

Sementara itu,  hadir pada peresmian di Halmahera Timur adalah Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Tjatur Sapto Edy, Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono, Region Manager Supply & Distribution VIII PT Pertamina (Persero)  Salahuddin,  dan Asisten 3 Bidang Hukum dan Pemerintahan Halmahera Timur Thamrin Bahar.

Unit Manager Communication, Relation, & CSR MOR VIII  Pertamina Brasto Galih Nugroho mengatakan, dengan diresmikannya SPBU Kompak di Distrik Abenaho, Yalimo dan Kecamatan Maba Selatan,  maka warga sekitar bisa mendapatkan BBM di wilayahnya sendiri dan menikmati harga yang sama dengan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia, yakni Premium Rp. 6.450/liter dan harga Solar Rp. 5.150/liter.

Sementara itu, Fanshrullah Asa  menyampaikan bahwa realisasi program BBM Satu Harga di wilayah timur Indonesia merupakan upaya pemerintah dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Inilah wujud kepedulian pemerintah untuk keadilan energi," ujar Fanshurullah.

SPBU Kompak 86.995.19 Distrik Abenaho melayani masyarakat dengan menyediakan BBM jenis  Premium dan Solar dengan kapasitas Premium 50 KL dan Solar 10 KL yang dipasok dua kali dalam sebulan dari Jobber Timika yang diangkut menggunakan mobil tangki Pertamina kemudian dilanjutkan menggunakan pesawat terbang dan mobil truk dengan waktu tempuh normal hingga 4 jam.

Sementara itu, SPBU 86.976.13 di Kecamatan Maba Selatan dikirim dari Terminal BBM Tobelo dan diangkut dengan menggunakan mobil tangki. Jarak yang ditempuh yakni sejauh 290 km dengan waktu tempuh normal hingga 24 jam. Adapun setiap sebulan akan dipasok masing-masing sebanyak 60 KL Premium dan 10 KL Solar.

Dengan beroperasinya lembaga penyalur tersebut, Pertamina berharap adanya dukungan oleh berbagai pihak terkait, seperti Kementerian ESDM, BPH Migas,  pemerintah daerah, aparat kepolisian dan TNI untuk melakukan pengawasan dan peran aktif masyarakat agar BBM Satu Harga dapat tepat sasaran sehingga bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. (Pertamina)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel