-->

Satgas MPU Konga XXV-K/ UNIFIL Ikut Joint Training with LAF

Satgas MPU Konga XXV-K/ UNIFIL Ikut Joint Training with LAFBEIRUT, LELEMUKU.COM – Titik berat Joint Training with LAF yang berjudul Patrol Leader Training adalah terwujudnya interoperabilitas antar satuan UNIFIL khususnya di wilayah Sektor Timur dengan LAF (Lebanese Armed Forces). Hal tersebut disampaikan Dansatgas MPU Konga XXV-K/ UNIFIL Letkol CPM Sony Yusdarmoko, dalam rilisnya di Lebanon, Sabtu (9/2).

Dijelaskan Dansatgas, kegiatan Patrol Leader Training merupakan latihan yang diselenggarakan oleh Komando Sektor Timur UNIFIL untuk satuan jajarannya dan LAF guna meningkatkan, profesionalisme, mutualisme, dan interoperabilitas dalam Operasi Gabungan (Opsgab) antara satuan jajaran Komando Sektor Timur UNIFIL dengan LAF.

“Dalam Latihan Bersama ini, dari Konga UNIFIL yang terlibat yaitu Satgas MPU dan Satgas Yonmek Indobatt. Kali ini, penyelenggara latihan ditunjuk Indobatt sehingga latihan diselenggarakan di Markas Indobatt UNP 7-1 Adchit Al Qusayr,”tambahnya.

Sedangkan SEMPU (Sector East Military Police Unit) sendiri, kata Sony, dalam kegiatan tersebut, bertindak sebagai pengisi materi tentang road check point.

“Karena sifatnya sharing ilmu dan pengalaman, maka kegiatanya berupa pembekalan teoritis dan demonstrasi,”ujar Sony

“Dalam materi road check point, SEMPU memberikan masukan tentang cara menggelar Pos Pemeriksaan kendaraan dan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan orang yang ada di dalamnya. Sekaligus memberikan gambaran bila nantinya Road Check Point ini dilaksanakan baik oleh pasukan LAF secara mandiri maupun secara gabungan bersama pasukan UNIFIL,” imbuhnya

Pada latihan yang dilaksanakan mulai 4 – 8 Februari 2019 di Markas Indobatt UNP 7-1 Adchit Al Qusayr ini, SEMPU mengirimkan tim pelatih/Instruktur dan tim demonstrasi yang diketuai oleh OIC Provost, Kapten Cpm Dela Guslapa dibantu oleh Dantonpom Letda Cpm Mario Januari Irawan.

Kemudian berdasarkan hasil pengamatannya, selama kegiatan tersebut, para peserta yang berasal dari satuan jajaran Sektor Timur UNIFIL serta anggota LAF terlihat sangat antusias, dan saat berkumpul pun mereka saling bertukar pengalaman secara aktif.

“Ini menunjukan bahwa latihan telah memberikan dampak positif, yang tentunya menguntungkan baik bagi prajurit itu sendiri maupun bagi Kosektor Timur UNIFIL maupun LAF, secara organisasi,” tuturnya.

Sementara itu, setelah menutup kegiatan patrol leader training, Dansatgas Indobatt, Letkol Inf Arfa Yudha mengungkapkan bahwa selama pelaksanaan latihan telah didapat kemajuan dan berbagai hal yang bernilai positif.

“Diantaranya terkait dengan penguasan materi, kerjasama, komunikasi, termasuk hubungan antar personal dan satuan,” tutur Arfa.

“Pencapaian ini tentunya memberikan harapan dan keyakinan bagi kita, ke depan satuan jajaran UNIFIL khususnya Sektor Timur akan semakin solid dan tangguh dalam menjalankan amanah tugas ini baik secara mandiri maupun bersama dengan LAF” tegas Arfa.

Ditempat yang sama, selesai acara penutupan, Wadan Kosektor Timur UNIFIL, Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri menyampaikan hal yang sama dengan Sony dan Arfa, kegiatan patrol leader training ditujukan untuk mewujudkan interoprabilitas antar satuan jajaran UNIFIL sendiri maupun dengan LAF.

“Kegiatan yang melibatkan dua Satgas Konga (UNIFIL) ini, dapat menciptakan berbagai hal yang positif dan menunjang tugas Kosektor Timur UNIFIL,” tandasnya.

“Secara pribadi, saya bangga terhadap kinerja rekan-rekan Konga, yang berada dibawah pimpinan Komandan Kontingen Garuda UNIFIL, Kolonel Inf Aji Mimbarno ini. Semoga, selama pelaksaan tugas di Lebanon, kita semua selalu dapat memberikan yang terbaik,” pungkas lulusan Akmil tahun 1996 ini. (Dispenad)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel