-->

Ruben Frangky Oratmangun Nilai Manufer Politik via Teknologi Harus Dihentikan

Ruben Frangky Oratmangun Nilai Politik via Teknologi Harus Dihentikan
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Ruben Frangky D Oratmangun, President Indonesian Youth Updates (IYU) menyatakan implementasi program, strategi maupun manufer politik yang dilakukan oleh para politikus dinegeri ini melaui teknologi sering kali mengundang kegaduhan, terutama menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada Apri 2019 nanti. Sehingga harus dihentikan

"Karena apa yang diucapkan tidak relevan dengan apa yang dilakukan. Berbagai berita palsu atau hoax dan black campaign yang disebarkan tanpa basis data dan minim substansi yang diviralkan dalam dunia virtual oleh para pasukan siber mereka," ujar dia saat memberikan opening speech dalam soft launching Indonesian Youth Updates (IYU) dengan Tema “Youth and Artificial Intelligence for Presidential Election 2019” di Ruang GBHN Gedung Nusantara V MPR /DPR RI pada Selasa (19/2) siang.

Ia menyatakan melalui perulangan dan habitus politikus, pengelabuan isu jenis ini sebenarnya memiliki pola tertentu yang sangat susah untuk dilacak namun dengan hadirnya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI) yang mampu membaca dan melakukan prediksi pola gerakan.

Generasi muda dan seluruh warga Indonesia dapat melihat dengan lebih jernih pola-pola menikung yang lazim dilakukan para politikus era millenial saat ini.

“Semuanya memerlukan waktu dan proses yang lama dalam sistem Politik, tapi dengan potensi yang diketahui, Teknologi AI sudah harus segera digunakan para stakeholder di Indonesia,” ungkap Ruben.

Ia menjelaskan hadirnya AI akan mempengaruhi dan berhubungan dengan Masalah Akses Data, Kemampuan Beradaptasi, Implikasi dan Inovasi AI di Bidang Politik, dan Sistem Integrasi.

“Meningkatnya penetrasi AI ke banyak aspek kehidupan mengubah pengambilan keputusan dalam suatu organisasi (komunitas) dan meningkatkan efisiensi” lanjut Ruben.

Indonesian Youth Updates (IYU) sendiri adalah organisasi kepemudaan nonprofit yang berdiri pada 5 Oktober 2018 oleh Ruben Frangky D. Oratmangun, S.Pi dan  Harsen Roy Tampomuri, SIP., M.A berdasarkan saran dari Duta Besar luar biasa dan berkuasa Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Mongolia, Djauhari Oratmangun saat bertemu di Sahid Sudirman Center.

Bersama 2 rekan mereka, Harini Sondakh dan E. Acantha Manapa Sampetoding, Ruben dan Harsen menciptakan  IYU dengan tujuan mempromosikan generasi muda Indonesia ke dunia internasional dalam hal pengembangan dan penguatan nasionalisme guna menjadi para pemimpin Indonesia berikutnya dengan fokus pada pengembangan kapasitas keilmuan, kemitraan kepemudaan dan kerja strategis kepemudaan dibidang ekonomi, sosial, budaya, politik, keamanan, komunikasi dan teknologi informasi.

Ruben menyatakan pihaknya bekerjasama dengan para pelajar, mahasiswa dan kaum muda yang ingin meningkatkan kepemimpinan pemuda Indonesia tidak hanya berskala lokal tetapi juga hingga ke tingkat profesionalisme yang tinggi.

Dikatakan saat ini generasi muda di Indonesia memiliki peran besar disegala bidang guna meningkatkan kerja-kerja kreatif yang unik dan bertujuan mempromosikan kemampuan kaum muda Indonesia.

Organisasi yang saat ini memiliki sekretariat  di Jl. Supriadi No. 7B, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur ini berfungsi sebagai titik fokal generasi muda Indonesia ke mata dunia. Sebab organisasinya telah memiliki jaringan berbagi pengetahuan dengan para orang berpengaruh dunia dibidang kebijakan internasional, pejabat pemerintahan, kelompok LSM internasional dan pihak-pihak terkait dengan pengembangan generasi muda Indonesia.

Acara ini sendiri dihadiri oleh Ketua DPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., MBA;  Wakil Ketua DPD RI Drs. H. Akhmad Muqowam dengan pembicara diantaranya Anggota Komisi VII DPR RI, Bara Krisnha Hasibuan, Ph.D ; Jurnalis Senior Kompas  Sonya Hellen Sinombor; Runner Up 3 Miss Indonesia 2018 Harini M. B. Sondakh, S.E; dan Direktur PT. Almaviva Indonesia Shah Reza Effendi, S.H. (Albert Batlayeri/Edunews)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel