-->

Lestarikan Alam Kupang, Korinus Masneno Canangkan Penanaman Kelor dan Lamtoro Teramba

Lestarikan Alam Kupang, Korinus Masneno Canangkan Penanaman Kelor dan Lamtoro TerambaJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mencanangkan penanaman Kelor dan Lamtoro teramba secara serentak. Acara pencanangan penanaman kelor dan lamtoro teramba tersebut dipimpin langsung oleh Plt. Bupati Kupang Korinus Masneno diikuti oleh seluruh ASN di OPD lingkup Pemkab Kupang, Jumat 25 Januari 2019 bertempat di Desa Muke Kecamatan Amabi Oefeto Timur.

Turut hadir dalam kegiatan pencanangan tersebut Penjabat Sekda Kab. Kupang Maclon Joni Nomseo, serta Forkompimda Kab. Kupang diantaranya Dandim 1604 Kupang Letkol Kav F.X. Aprilian Setyo Wicaksono, S.sos, Wakapolres Kupang Kompol Roby J.E. Henuk, perwakilan Kajari Kupang, dan juga Ketua Komisi C DPRD Kab. Kupang Anton Natun.

Plt. Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya menyatakan bahwa pencanangan penanaman kelor, lamtoro teramba merupakan investasi masa depan dalam upaya menggapai kehidupan  masyarakat yang lebih baik. Diharapkan melalui pencanangan ini masyarakat Kabupaten Kupang dapat termotivasi untuk membudidayakan kelor, lamtoro teramba yang memiliki manfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Dijelaskan Masneno tanaman kelor memiliki nilai gizi yang tinggi dan baik untuk dikonsumsi. Selain itu kelor dapat juga diolah untuk kosmetik seperti sabun, sampo dan lotion kelor. Sementara lamtoro dan teramba merupakan pakan ternak yang sangat dibutuhkan bagi pengembangan peternakan dan besar manfaatnya. Masyarakat yang beternak tidak pusing membeli pakan karena sudah ada kebun lamtoro dan teramba, selain itu jika dijual memiliki nilai ekonomis yang baik.

Lebih lanjut ditambahkan Plt. Bupati Kupang Korinus Masneno pencanangan penanaman ini dilakukan secara serentak di 24 Kecamatan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Kupang dengan jumlah lahan lebih kurang 100 hektare. “pencanangan penanaman hari ini bukanlah kegiatan seremonial belaka melainkan sebuah gerakan bersama yang diharapakan akan memacu masyarakat untuk sadar menanam kelor, lamtoro dan teramba,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Masneno, Sejak 10 tahun lalu, saat dirinya masih asisten hingga menjadi Wakil Bupati Kupang bersama Bapak Ayub, mereka sangat konsen tingkatkan kesejahteraan masy lewat potensi lahan kering. Kita bangun ekonomi masyarakat lewat pemanfaatan lahan kering, sesuai dengan potensi alam kita.

Dirinya sangat berharap Masyarakat Kabupaten Kupang memiliki hidup yang lebih baik. “Kalau kita tanam teramba dan kelor sungguh-sungguh kita akan berkecukupan. Ekonomi masyarakat akan meningkat dan 3 tahun mendatang persoalan kemiskinan dapat diatasi”, Ungkapnya.

Dijelaskan Masneno, Program Pengembangan kelor juga sesuai dengan kebijakan provinsi dimana pak Gubernur menyiapkan mesin pengolah kelor sehingga hasil tanam masyarakat dapat dijual keluar.

“Saya sudah instruksikan lewat para kades, 1 kk wajib menanam 200 pohon kelor di mamar rumah,” Kita tanam lantoro dan teramba juga sangat ekonomis. Jelas Bupati Terpilih Kabupaten Kupang periode 2019-2024 tersebut. Kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, dirinya mengucapkan terima kasih dan berharap agar perjuangan mensejahterakan masyarakat dapat terus dilakukan.

Dandim 1604 Kupang Letkol Kav. F.X. Aprilian Setyo Wicaksono, S.sos, mengapresiasi kegiatan Pencanangan penanaman kelor, lamtoro dan keramba yang menurutnya sangat luar biasa. Masyarakat dan para Asn kabupaten Kupang tumpah ruah menanam. Paling mengesankan karena disemia kecamatan ada sekitar 100 ha lahan yang digunakan untuk menanam. Ditambahkan Letkol. Aprilian, TNI ada bersama masyarakat dan siap melakukan pendampingan dalam bisang pertanian dan peternakan. “Kami siap dukung dan lakukan pendampingan. Para Babinsa kita tugaskan untuk bersama masyrakat aktif dalam kegiatan menanam yang akan memberi hasil positif dan investasi nyata bagi anak cucu kita kedepan.

Sementara Wakapolres Kupang Kompol Roby J.E. Henuk berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan dilaksanakan masyarakat secara sungguh-sungguh. ”Saya rasa tidak cukup sampai disini. Perlu pengamanan dan pemeliharaan secara baik. Perpanjangan tangan di Kapolsek dan Babimkabtimas, kita siap membantu,” jelas Robby. Saya yakin jika Keluarga sejahtera pasti kasus-kasus kejahatan dan kdrt bisa menurun, karena tercukupi. Faktor ekonomi sangat penting dan kita perlu perhatikan bersama. (HumasKupang)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel