-->

DPRD Singkawang Siap Kawal Usulan Musrembang 2020

DPRD Singkawang Siap Kawal Usulan Musrembang 2020SINGKAWANG, LELEMUKU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) siap mengawal usulan pembangunan masyarakat yang sudah disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan (Murenbang) untuk program pembangunan tahun 2020.

“DPRD tentunya siap mengawal usulan masyarakat ini, bahkan juga bisa juga diusulkan anggota DPRD sesuai daerah pemilihannya jika memang tidak ada terakomodir,” ungkap Ketua DPRD Singkawang, Sujianto usai menghadiri Musrenbang Kecamatan Singkawang Barat, Senin (25/2).

Ia mengatakan usulan program masyarakat yang disampaikan ini tentunya akan dilihat sejauhmana urgensinya dan prioritas. “Karena memang perlu kita lihat usulan warga ini mana prioritas, lalu yang sifatnya urusan wajib dan urusan pilihan dalam penyelenggaraan pemerintahan,” jelasnya.

Karena bagaimanapun, kata dia, Musrenbang ini dihadiri seluruh komponen pemerintahan dan masyarakat, mulai kepala dinas yang mengetahui teknis kegiatan terkait, camat, lurah, RT, tokoh agama hingga tokoh masyarakat.

Misalkan, kata dia, menyinggung soal kondisi kantor Kelurahan Melayu dan Kantor Kelurahan Pasiran yang berada di Kecamatan Singkawang Barat, hal ini juga patut diperhatikan karena memang kondisinya seperti itu. “Lihat saja, apalagi kantor inikan sifatnya pusat pelayanan masyarakat, apakah layak seperti itu,” ungkapnya.

Jika memanag kondisi keuangan pemerintah daerah, kata dia, tidak memungkinkan maka bisa juga dilakukan rehab atau pembangunann secara bertahap, karena tujuannya jelas dalam upaya memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat yang didukung sarana dan prasarana memadai. “Inikan juga termasuk salah satu urusan wajib terkait langsung dengan pelayanan publik,”jelasnya.

Kemudian, kata dia, yang juga perlu adalah bagaimana usulan pembangunan masyarakat bisa sinkron dengan apa yang menjadi arah pembangunan baik pemkot, provinsi hingga pemerintah pusat. “Sehingga apa yang kita usulkan ini berkesinambungan,” katanya.

Ia menekankan apa yang menjadi prioritas pembangunan di Kota Singkawang tahun 2020 harus sesuai visi dan misi Singkawang Hebat, karena pencapaian dan indikator akan hasil kerja akan dilihat masyarakat. Ia berharap nantinya masyarakat senantisa bisa mendorong agar program yang dibuat bisa teralokasi dan teranggarkan.

Dalam kesempatan itu, kata dia, tak dipungkiri usulan jalan dan drainases untuk pembangunan infastuktur masih mendominasi, namun hal ini merupakan usulan yang harus diakomodir oleh pemerintah daerah sesuai dengan kondisi keuangan daerah tentunya. (DiskominfoSingkawang)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel