-->

Doni Monardo Ungkap ⁣TNI Komponen Pendukung Penanggulangan Bencana⁣

Doni Monardo Ungkap ⁣TNI Komponen Pendukung Penanggulangan Bencana⁣JAKARTA, LELEMUKU.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan di lingkungan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) pada Sabtu (16/2) di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Selatan.

Doni menekankan bahwa TNI memiliki peran penting yaitu terkait dengan militer dan nirmiliter.⁣

Ancaman yang terkait dengan nirmiliter salah satunya ancaman bencana alam. Doni mencontohkan peran TNI dalam penanggulangan bencana di berbagai situasi di tanah air. Secara khusus, Doni menceritakan bagaimana peran Kopassus dalam operasi darurat evakuasi korban di beberapa bencana di tanah air.

"Peran kopassus sangat luar biasa dalam proses evakuasi bencana," ujar Doni saat mengkisahkan personel Kopassus yang banyak menemukan jenazah pascalongsor Banjarnegara beberapa tahun lalu.⁣

Doni juga menceritakan peran Kopassus pada saat evakuasi korban selama erupsi Merapi 2010. Doni menanyakan kembali kepada pimpinan Kopassus yang hadir pada rapat tersebut.

"Bagaimana dengan baju anti panas, apakah kondisi masih baik?" tanya Doni.

Kemudian Kepala BNPB juga menanyakan kondisi huggler, kendaraan multifungsi yang mampu menerobos medan berat dan panas di wilayah puncak Merapi. Ini disampaikan mengingat aktivitas vulkanik Merapi yang fluktuatif saat ini.⁣

Di hadapan peserta rapat pimpinan dengan tema "Kopassus yang professional loyal dan manunggal dengan siap mendukung tugas pokok TNI AD," Doni menekankan pada konsep pentahelix, dimana keberhasilan penanggulangan bencana terletak pada sinergi dan kerja sama berbagai pihak, yaitu pemerintah, dunia usaha, masyarakat, media massa, dan akademisi.⁣

Kepala BNPB mengajak para pakar dari BMKG, PVMBG dan LIPI dalam rapat tersebut. Para pakar tersebut menyampaikan pengetahuan kebencanaan kepada para pimpinan di lingkungan Kopassus. Keterlibatan para pakar ini sangat didukung dan menjadi salah satu arahan Presiden Joko Widodo terkait penanggulangan bencana di Indonesia.⁣ (BNPB)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel