-->

Aliong Mus Hadiri Rakornas Kewaspadaan Nasional Jelang Pemilu Serentak 2019

 Aliong Mus Hadiri Rakornas Kewaspadaan Nasional Jelang Pemilu Serentak 2019
MAKASSAR,LELEMUKU.COM – Bupati Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut) Aliong Mus dan Kepala Kesbangpol H Syamsudin Ode Manuwi hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, yang dilaksanakan Kemnterian Dalam Negeri (Kemendagri) di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Selesa (12/2) di Hotel Grand Claro, Makssar.

Hadir dalam Rakornas tersebut, yakni Bupati Taliabu, H Aliong Mus ST, Kepala Kesebangpol Taliabu H Syamsudin Ode Manuwi, serta Gubernur ,Bupati dan Wali Kota di seluruh Indonesia bagian Timur bersama Kepala Kejaksaan, Kapolda, Kapolres serta pihak penyelenggara Pemilu baik KPU dan Bawaslu.

“Dalam kegiatan Rakornas ini sendiri merupakan implementasi dari Pasal 3 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, diharuskan memenuhi prinsip mandiri, jujur,adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proposional, akuntabel, efektif dan efisien. Sehingga dengan demikian, Pemilu serentak 2019 akan dapat menghasilkan pemimpin Nasional dan wakil rakyat yang mempunyai legitimasi yang kuat serta amanah menjalankan tugasnya yang diberikan kepercayaan oleh rakyat,” ujar Dirjen Politik Pemerintahan dan Umum Kemendagri, Soedarmo dalam sambutannya.

Menurutnya, Rakornas yang dilaksanakan Kemendagri di Makassar ini dimaksudkan agar terjalin sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu dalam menjalankan tugasnya sepanjang proses pemilihan serentak dilaksankan, baik itu Pemilihan Legislatif, Presiden pada 17 April 2019 mendatang, sehingga tercipta iklim Demokrasi yang damai dan kondusif serta saling berkesinambungan,”Kata Soedarmo.

Lanjut dia, tujuan dari Rakosnas ini pula sebagai upaya untuk mengoptimalkan kesiapsiagaan, baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu dalam menghadapi Pemilu serentak 2019, tentunya semua pemangku tugas baik di pusat hingga daerah termasuk penyelenggara dapat bekerja secara baik.

“Karena hajatan serentak merupkan yang pertama di Indonesia ini dapat sukses dilaksanakan, semua pemangku-pemangku kepentingan sehingga Negara- negara luar punmenanrik hasil dari proses Politik serentak tersebut,”jelasnya.

Soedarmo juga menuturkan, kordinasi ini sangatlah penting, untuk kita meyatukan presepsi kita sehingga hajatan besar ini dapat sukses dilaksanakan. karenaini menjadi tanggung jawab kita semua sepanjang proses politik ini berlangsung.“Saya berharap, melalui kegiatan yang bertemakan. “Pilihan Boleh Beda Kesatuan Bangsa, harus Kita jaga, agar semua pihak bertanggung jawab akan suksesnya Pemilu 2019 baik penyelenggara, Pemerintah, Pemda, peserta pemilu, masyarakat dan stakeholder lainnya,”harap Soedarmo.

Dikataknya, Suksenya Pemilu 2019 akan ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya kesiapan dari Penyelenggara Pemilu, Pemerintas Pusat, Pemerintah Daerah dan kesiapsiagaan dari Aparat Keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawan Pemilu.

”Melalui Rakornas dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, diharapkan terwujudnya sinergisitas yang kuat dan berkesinambungan antar pemangku kepentingan Pemilu, dalam upaya menciptakan Pemilu demokratis dan damai,”tutupnya.

Sekedar di ketahui, dalam Rakornas yang d leksanakan ini, dihadiri pula Dirjen Kesbangpol dan Umum Kemendagri membuka acara juga tampil sebagai pemateri, melibatkan TNI-Polri dengan menghadirkan As Ops Kapolri, Irjen.Drs Rudi Zulfahriadi sebagai pemateri, sementara TNI, Direktur Jendral Politik Dan Pemerintahan Umum Mabes TNI Soedarmo sebagai Pemateri termasuk pihak Kejaksaan, Ketua KPU Pusat Arif Budiman serta Ketua Bawaslu RI. (HumasPulauTaliabu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel