-->

Ruas Jalan Jayapura - Wamena Rusak Akibat Beban Lalu Lintas dan Hujan

Ruas Jalan Jayapura - Wamena Rusak Akibat Beban Lalu Lintas dan HujanJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Sejumlah titik di ruas jalan dari Sentani, Kabupaten Jayapura hingga Wamena, Kabupaten Jayawijaya dilaporkan mengalami kerusakan yang perlu penanganan serius. Kerusakan dikarenakan beban lalu lintas yang sudah tak bisa  dibendung serta faktor cuaca (hujan).

Menurut Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional XI, Osman H. Marbun, hingga saat ini setiap harinya ada ratusan kendaraan dari Jayapura - Wamena dan sebaliknya yang melintas di ruas jalan tersebut.

Hal demikian membuat kerusakan jalan semakin parah sebab ruas jalan ini sebenarnya belum layak untuk dilewati.

“Dari penelusuran kami, saat ini kerusakan ada di kilometer 276, 306, 310 dan 386. Makanya kami terus upayakan perbaikan dengan menambah peralatan. Sebab pada dasarnya, jalan itu belum bisa dilewati walaupun sudah tertembus,” terang ia.

Dikatakan, saat ini dari 575 kilometer jalan yang sudah terbuka, 230 kilo diantaranya masih dalam bentuk tanah. Sehingga berpotensi rusak lagi karena banyak daerah-daerah yang kritis dan sering dilalui kendaraan.

Dilain pihak, keberadaan jalur ini, memancing antusias masyarakat sangat tinggi. Sehingga keinginan untuk melewati jalur ini sudah tidak bisa terbendung lagi.

“Intinya kondisi lalu lintas di jalur ini sudah tidak bisa diatasi bebannya lagi. Salah satu contoh, rangka jembatan dan alat berat sudah diangkut lewat jalur ini, belum lagi barang material lainnya. Padahal sebagian jalan masih tanah, dengan kata lain beberapa tempat kondisinya kritis dan berpotensi rusak parah.”

“Makanya, untuk tahun ini kami masih fokus untuk lakukan perbaikan. Dengan harapan ke depan bisa segera dilakukan pengaspalan sebagai upaya peningkatan daya dukung badan jalan,” pungkasnya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel