Yan Piet Rawar Imbau Calon Pencaker Lokal Siap Hadapi Industri 4.0 - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Yan Piet Rawar Imbau Calon Pencaker Lokal Siap Hadapi Industri 4.0

Yan Piet Rawar Imbau Calon Pencaker Lokal Siap Hadapi Industri 4.0JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Papua Yan Piet Rawar mengimbau para calon pencari kerja (pencaker) lokal di bumi cenderawasih, diimbau siap untuk menghadapi industri generasi ke empat atau industri 4.0.

Industri keempat merupakan revolusi teknologi berbasis digital, dimana masyarakat kita dapat mengontrol aplikasi peralatan rumah tangga dan lainnya dengan smartphone atau ponsel pintar.

“Kita ketahui sekarang kan tuntutan dunia adalah revolusi industri 4.0. Artinya sekarang segala sesuatu menggunakan teknologi informasi atau internet. Berdagang dan hal lainnya pun bisa pakai internet dari smartphone”.

“Artinya, siapa yang dapat menguasai teknologi informasi dia tentu berhak menjadi pemenang. Makanya, ini yang saya harapkan bisa dikuasasi para calon pencaker lokal supaya bisa bersaing dengan saudara yang dari luar daerah,” terang Yan di Jayapura, kemarin.

Ia pun mencontohkan penerimaan pegawai negeri yang saat ini sudah secara nasional menggunakan tes denga sistem online. Hal tersebut merupakan bagian dari revolusi industri generasi keempat. Dengan demikian, suka tak suka para calon pencaker lokal pun wajib untuk menguasai teknologi informasi.

“Paling tidak sesuatu yang bersifat teknologi informasi atau pun tes masuk kerja secara online ini harus jadi sesuatu yang terbiasa bagi pencaker lokal kita. Sebab kita tidak bisa lagi bertahan terus dengan kondisi yang manual saja. Sebab akan kalah saing jika dihadapkan dengan hal itu dimasa depan”

“Makanya semua lembaga pendidikan formal maupun non formal serta lembaga pelatihan di Papua pun harus berikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap industri 4.0. Sementara kepada pencaker atau siswa kita di sekolah, kita imbau supaya bisa terbiasa dengan teknologi informasi. Supaya lebih paham dan tak kaget dengan perkembangan jaman digital saat ini,” terangnya.

Pada kesempatan itu, ia mengapresiasi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) program ekspedisi jalur darat ke 34 gubernur, yang membawa misi mengangkat potensi dan inovasi bumi cenderawasih melalui media massa digital, guna menciptakan sebuah pemberitaan yang positif.

“Mereka juga datang mendorong pemerintah provinsi agar siap menghadapi revolusi industri keempat. Dimana APPSI menggandeng digital platform Bukalapak, untuk bagaimana membantu 34 provinsi terconecting secara digital”.

“Sehingga nanti bukapalak sebagai perusahaan digital membantu 34 provinsi ini menciptakan smart province, lalu membantu UKM agar bisa menjual dan membeli bahan secara digital. Endingnya diharapkan tercipta e-catalog atau integrasi digital. Kita harap peluang ini bisa ditangkap oleh pencaker kita,” tuntasnya. (DiskominfoPapua)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...