KPPN Saumlaki Motivasi Masyarakat Tanimbar Tanam Pohon - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

KPPN Saumlaki Motivasi Masyarakat Tanimbar Tanam Pohon

Baca juga:

KPPN Saumlaki Motivasi Masyarakat Tanimbar Tanam Pohon
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kepala Kantor Pelayanan Perbendahayaan Negara (KPPN) Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara (MTB), Provinsi Maluku, Teguh Irwono memimpin peringatan  Hari Menanam Pohon Indonesia (HPMI) dengan Tema ‘KPPN Saumlaki Go Green’ pada Jumat (30/11).

Menurut Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satuan Kerja (Satker) KPPN Saumlaki, Tommy Cahyono Adi Wijaya, kegiatan yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 28 November sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) Republik Indonesia (RI) Nomor 24 Tahun 2008 dan menyambut Bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional.

Ia menuturkan seluruh pegawai tetap dan Pegawai Pemeritah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dari KPPN Saumlaki menyelenggarakan kegiatan itu sebagai wujud terima kasih kepada bumi dengan memulai menanam tunas pohon terlebih dahulu karena dari dengan gerakan kecil ini akan mendapatkan manfaat yang besar di masa depan.

“Dengan menanam pohon bukan berarti kita harus menanam pohon yang besar tetapi mulai dengan menanam tunas terlebih dahulu karena dari gerakan kecil ini manfaat akan kita terima di masa depan,” tutur Wijaya kepada Lelemuku.com pada Jumat (30/11).

Ia menjelaskan betapa pentingnya satu pohon bagi manusia, dimana fungsi utama dari pohon adalah untuk menghasilkan oksigen atau O2 yang berguna untuk manusia dan menyerap karbon dioksida atau Co2 karena terbalik dengan manusia, pepohonan akan bernafas dengan menyerap Co2 dan melepaskan O2.

Disisi lain fungsi pohon sendiri sebagai penjaga lingkungan karena Negara Indonesia adalah Negara rawan bencana seperti longsir dan banjir. Pohon yang ada disekitar akan langsung menjadi tepat penyimpanan air yang diserap oleh tanah melalui akar-akar pohon, sehingga tumbuhan sangat strategis kehadirannya sebagai pencegah kerusakan lingkungan.

Wijaya pun menambahkan lewat gerakan menanam pohon itu pihak KPPN Saumlaki mengajak dan memotivasi seluruh masyarakat Kepulauan Tanimbar untuk membudayakan gerakan menanam pohon karena dengan menanam pohon dapat menyelamatkan kehidupan dan dengan memelihara pohon berarti mencintai kehidupan.

“Komitmen ini dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan kerja serta masyarakat. Memang disini memerlukan kesadaran, pengorbanan waktu dan tenaga serta keteladanan atau kepahlawanan tersendiri untuk memulai saling mengajak dan melaksanakannya. Dengan menanam pohon kita hidupkan hidup kita sendiri, makhluk hidup lainnya dan lingkungan hidup global,” tambahnya. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...