Iswan Hasjim Buka Ekspose Pertanian Bioindustri Kopi dan Kakao di Bacan - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif
Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Provinsi Maluku Mengucapkan Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Ketua KPI Papua, Jack Sobuber dan Sekda MTB Piterson Rangkoratat Mengucapkan Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Iswan Hasjim Buka Ekspose Pertanian Bioindustri Kopi dan Kakao di Bacan

Baca juga:

Iswan Hasjim Buka Ekspose Pertanian Bioindustri Kopi dan Kakao di BacanLABUHA, LELEMUKU.COM - Wakil Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara, Iswan Hasjim membuka Ekspose Pertanian Bioindustri Kopi dan Kakao serta Penandatanganan Mou dan Talk Show dengan tema “Membangkitkan dan Melestarikan Cinta Kopi Lokal Bacan yang bertempat di Balai Penilitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITRO) Desa Marabose Kecamatan Bacan Selasa, (18/12).

Kegiatan ini di selenggarakn oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku Utara, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA), Dinas Kehutanan Provinsi Malut dan Sekolah Tinggi Pertanian (STP) Labuha .

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim, Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan sumberdaya Genetika Pertanian DR.Ir.Mastur,M.Si, Ketua BPTP Maluku Utara DR. Ir. Bram Brahmantio, Kepala Balitbangda Malut Ir. Muliadi Wowor, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Halsel Ir. Sofyan Bachmid, Wakil Ketua III STP Labuha Yudi Eka Prasetia, Kepala KPH Halsel Salam, Perwakilan Kesultanan Bacan Ir. Tufail Iskandar Alam, Perwakila Dinas Perkebunan, serta Para Mahasiswa.

Dalam sambutan Wakil Bupati Iswan Hasjim menyampaikan bahwa bangsa kita ini adalah bangsa yang kaya akan dengan sumber daya alam. Salah satunya adalah sektor pertanian yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan,dengan menjadikan daerah penghasil komoditas unggulan yaitu kopi.

Semoga dengan pertemuan ini bisa memunculkan satu brand baru khas bacan yaitu Kopi Bacan yang akan mengisi produk dalam negeri bagi kemajuan Indonesia.

“Inovasi yang dihasilkan ini keunggulan Kopi Bacan, yaitu kopi Liberika dan Robusta,” jelas Iswan.

Iswan menjelaskan bahwa persolan bangsa saat ini ialah tentang pertanian. Kenapa ? Karena hampir seluruh pelosok Indonesia warganya adalah petani dan kalau ditanya kepada siswa TK sampai Mahasiswa, apa cita – cita mereka ? , tidak ada satupun yang akan bercita – cita menjadi petani.

“Saya ingin katakan, jika negeri ini ingin kuat maka sektor pertanian juga harus kuat, maka dari itu marilah kita bersama – sama membuka mindset anak – anak kita agar mau bermimpi menjadi petani,” tegas Iswan kepada seluruh undangan dan kepada Mahasiswa yang sempat hadir saat itu.

Sementara itu Kepala BPTP Maluku Utara Doktor Ir. Bram Brahmantio berharap semoga kedepan dapat meningkatkan penjualan produk kopi kemasan dalam bentuk biji yang siap diolah.

“Saya liat kedepan orang tidak menilai sesuatu itu dari jumlah tetapi akan menilai dari kepuasan, itulah yg akan kita dorong kedepan di Bacan ini untuk menjadikan produk-produk spesifik, tidak hanya kopi akan tetapi ada juga Kakao dan fanili,” pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan Penandatanganan MoU antara Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Wakil Bupati, dan BPTP, Institut Kopi Ternate, KPH Halsel Mewakili Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, dan Perangkat Kesultanan Bacan. (HumasHalsel)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...