Penutupan Pesparani Katolik Nasional di Ambon Meriah, Kalimantan Timur Juara Umum - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Penutupan Pesparani Katolik Nasional di Ambon Meriah, Kalimantan Timur Juara Umum

Baca juga:

Penutupan Pesparani Katolik Nasional di Ambon Meriah, Kalimantan Timur Juara Umum
AMBON, LELEMUKU.COM - Penutupan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) tingkat Nasional I di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Kamis (1/11) yang dihadiri oleh ribuan peserta dan warga Kota Ambon, berlangsung meriah dan penuh sukacita.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise bersama Gubernur Maluku Said Assagaff, Ketua Umum Pesparani Zeth Sahuburua, Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) Adrianus Meliala menabuh tifa sebagai tanda berakhirnya Pesparani yang dibuka pada Sabtu (27/10)lalu.

Menteri Yohana mengapresiasi Gubernur Maluku dan Walikota Ambon yang dengan sukses menggelar dan menjadi tuang rumah pelaksanaan Pesparani Katolik pertama kali digelar di Indonesia ini. Ia menyatakan perayaan ini harus dimaknai sebagai bentuk upaya memberdayakan perempuan dan melindungi generasi muda yang ikut terlibat didalamnya.

"Ini merupakan pesta paduan suara pertama untuk umat Katolik dan dapat menjadi motivasi untuk kita semua untuk  membantu pemberdayaan perempuan dan perlindungan hak anak dan untuk kemajuan bangsa dan negara," ujar dia saat memberikan sambutan.

Yohana  menyatakan rasa kagum dan kegembiraannya dan  berharap melalui lagu dan lembaga LP3K umat Katolik dan seluruh masyarakat Indonesia memberikan perhatian terhadap upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Selanjutnya ia mengatakan perempuan mempunyai harapan hidup dan lebih kuat menghadapi persaingan dan bangga terhadap perempuan yang ikut dalam Pesparani.

Selanjutnya Ketua Panitia Pesparani yang juga Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahubura, mengatakan bahwa agama merupakan suatu anugerah, sehingga Indonesia patut bangga menjadi negara yang memiliki beragam kepercayaan namun tetap satu hati.

"Pesparani merupakan produk keagamaan yang berimplikasi pada humanisme dan kebangsaan. Semua masyarakat Maluku dari bermacam agama mendukung dan membantu dalam kepanitiaan pelaksanaan acara ini," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Said Assagaff, mengatakan bahwa hidup orang bersaudara menjadi kekuatan besar bagi persaudaraan di Maluku.

"Kita tidak mudah dibodohi oleh isu agama yang membodohkan. Pesparani menjadi pembangunan peradaban di Indonesia," tuturnya. Said Assagaff juga mengutip bacaan Alkitab dari Roma ayat: 10.

Said berharap kemenangan berpihak pada persaudaraan dan suka cita. Dia juga menyampaikan terimakasih atas nama rakyat Maluku kepada seluruh peserta yang telah membongkar sekat-sekat yang masih ada di masyarakat dan mulai dimunculkan oleh kelompok-kelompok tertentu.

Dalam penutupan ini, dewan juru mengumumkan pemenang lomba dari 12 cabang yang diperlombakan dalam Pesparani yakni Cerdas Cermat (CC) Anak : DKI Jakarta, CC Remaja : Kalimantan Timur, Bertutur Kitab Suci : Kalimantan Barat, Mazmur Anak : Kalimantan Timur, Mazmur Remaja : DKI Jakarta, Mazmur Dewasa : Nusa Tenggara Timur, Paduan Suara (PS) Anak : Kalimantan Timur, PS Dewasa Pria : Maluku, PS Dewasa Wanita : DKI Jakarta, PS Gregorian Anak Remaja : Kalimantan Barat, PS Gregorian Dewasa : Kalimantan Barat, dan PS Dewasa Campuran : Jawa Barat.

Provinsi Kalimantan Timur keluar sebagai juara umum Pesparani Katolik Nasional I di Kota Ambon dengan meraih nilai tertinggi 299 poin mengalahkan 33 provinsi lalinnya dan mendapat piala bergilir Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan satu piala tetap. Mewakili Presiden, Yohana Yembise menyerahkan piala bergilir tersebut.

Ia berharap agar dengan Pesparani ini dapat meningkatkan lagi hubungan persaudaran antar umat beragama  di Maluku dan daerah lainnya  di  seluruh Indonesia. Karena pelaksanaan Pesparani didukung Umat Islam, Umat Kristen Protestan dan agama lainnya. Selanjutnya, Provinsi DKI  Jakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT)  menjadi calon tuan rumah Pesparani Katolik Nasional II pada  2021.


loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...