Pemkab Dukung Tim Survei Objek Pemajuan Kebudayaan di Pulau Taliabu - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Pemkab Dukung Tim Survei Objek Pemajuan Kebudayaan di Pulau Taliabu

Pemkab Dukung Tim Survei Objek Pemajuan Kebudayaan di Pulau Taliabu
BOBONG, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut) mendukung sepenuhnya langkah yang dilaksanakan Tim Penyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Pulau Taliabu Tahun 2018 yang saat ini telah dilanjutkan dengan Fokus Group Discussion (FGD) sekaligus pembentukan Tim Survei objek pemajuan kebudayaan untuk pengisian Borang yang di pimpin Plt. Sekda Pulau Taliabu dan Ketua Tim Prov. Dosen Unkhair bapak Dr.Ridha Ajam, M.Hum.

Hal ini dikatakan oleh Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus, melalui Kabag Humas dan Protokoler Setda Pulau Taliabu Abdul Kadir Nur Ali, bahwa bupati sangat mendukung objek pemajuan kebudayaan di masing-masing daerah sangat penting dalam menentukan strategi pemajuan kebudayaan nasional.

Karena itu dia mendorong agar Pemda bisa segera menyelesaikan PPKD. Karena PPKD itu merupakan implementasi undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan yang meminta Pemerintah daerah setingkat kabupaten/kota kini untuk dapat  mengajukan pokok-pokok pikiran kebudayaan dari khazanah khas daerahnya.

”Tantangannya, kita harus menyelesaikan secepatnya, agar Pulau Taliabu bisa ikut serta dalam Kongres Kebudayaan di bulan November nanti,” kata Kabag Humas dan Protokolers Setda Pulau Taliabu Abd. Kadir Nur Ali.

Menurutnya, Bupati, menilai isu terpenting dari strategi pemajuan kebudayaan adalah kepemilikan. Untuk itu, mekanisme penyusunan strategi kebudayaan dimulai dari masyarakat yang memahami budaya local sebagai bentuk kearifan local baik masih berjalan ataupun telah dilupakan generasi muda.

"Jangan terlalu rumit. Jangan dijadikan beban. Bukan tebal tipisnya PPKD yang menjadi ukuran. Tetapi identifikasi yang benar-benar ada di masing-masing desa. Tetapi bagimana hal ini bisa diwujudkan. Apalagi, bentuk budaya Pulau Taliabu itu masih mempunyai perbedaan atara pesisir utara dan selatan," pesan Bupati melalui WA Kabag Humas.

Dia menekankan, yang terpenting dalam strategi pemajuan kebudayaan adalah arah dasar pemajuan kebudayaan yang berasal dari potensi di masing-masing daerah. Karena sebagai negara adidaya di bidang kebudayaan, Indonesia berpotensi besar dalam mempengaruhi peradaban dunia. (HumasTaliabu)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...