Pariwisata di Tanimbar Pegang Peranan Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Pariwisata di Tanimbar Pegang Peranan Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Baca juga:


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM –  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Piterson Rangkoratat, SH mengatakan kepariwisataan memegang peranan penting  untuk memperluas dan memeratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja.

Selanjutnya dapat mendorong pembangunan daerah, memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta memupuk rasa cinta tanah air, memperkaya kebudayaan nasional dan memantapkan pembinaanya dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa.

“Pengembangan pariwisata Indonesia mengunakan konsepsi pariwisata budaya yang dirumuskan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2009,” kata dia saat membacakan sambutan Bupati MTB Petrus Fatlolon, SH., MH dalam kegiatan Pelatihan Pengantar Kepariwisataan dan Keramah-tamahan Bagi Masyarakat Tanimbar di Aula Lantai IV Kantor Bupati MTB pada Selasa (6/11).

Sekda Rangkoratat menuturkan 5 target pembangunan pariwisata nasional pada akhir tahun 2019 dari Pemerintah Kabinet Kerja 2014 hingga 2019 diantaranya kontribusi pariwisata terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau lapangan usaha meningkat dari 9% pada tahun 2014 menjadi 15% pada tahun 2019, devisi meningkat dari Rp140 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp280 triliun pada tahun 2019.

Kemudian, kontribusi terhadap kesempatan kerja meningkat dari 11 juta orang pada tahun 2014 menjadi 13 juta orang pada tahun 2019, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari 9,4 juta orang pada tahun 2014 menjadi 20 juta orang pada tahun 2019.

“Perjalanan wisatawan nusantara meningkat dari 250 juta perjalanan tahun 2014 menjadi 275 juta perjalanan pada tahun 2019,” tuturnya.

Rangkoratat pun mengungkapkan untuk mencapai target tersebut banyak yang harus dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Kabupaten serta Kota, yaitu tidak hanya dengan melakukan promosi secara besar-besaran atau menyediakan produk yang diinginkan wisatawan tetapi juga harus meyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata yang terampil.

“Serta menjamin tersedianya prasarana dan sarana pariwisata yang memadai,” ungkap dia. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...