-->

Lintas Agama Sambut Kembalinya Arca Kristus Raja Semesta Alam di Saumlaki

 Lintas Agama Sambut Kembalinya Arca Kristus Raja Semesta Alam di SaumlakiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Ribuan umat lintas agama di Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Jumat (23/11) menyambut kembalinya Arca Kristus Raja Semesta Alam yang tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Saumlaki.

Arca yang dibawa oleh rombongan pengantar ini tiba dengan menggunakan Kapal Motor (KM) Tanimbar Permai dari Paroko St. Petrus Wonreli Kisar, Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) ke tempat pengtakhtaan di lokasi Kristus Raja, Finduar, Desa Olilit Timur, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Rombongan pengantar Arca Kristus Raja Semesta Alam yang tiba di Saumlaki diantaranya Asisten Bidang Pemerintahan Setda MBD, Drs. Denny Ubro selaku Ketua Panitia Pemulangan Arca; Kabag Hukum Setda MBD, Fin Melsasail, SH selaku Sekretaris Panitia, Pastor Paroki St.Petrus Maluku Barat Daya, RD. Kanisius Lewar; para panitia pemulangan arca , para pemikul arca, anggota koor dan penari pemandu penghormatan arca serta 30 orang perwakilan masyarakat dari 5 stasi di Paroki St.Petrus.

Arca yang tiba pada pukul 08.55.WIT itu dijemput oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda MTB, Yohanis Batseran, S.Sos; Wakil Uskup Wilayah MTB-MBD, RD.Simon Petrus Matrutty, Ketua Gereja Protestan Maluku (GPM) Klasis Tansel, Pdt. Lenny Bakarbessy Rangkoratat, S.Th; Ketua MUI MTB, Hj.Tamzil Herman; Perwakilan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) MTB, Ustad Abdul Karim; Kabag Ops Polres MTB, Kompol Hendrik Rumsory, S.Sos; Kasat Satpol PP MTB, Cornelis Belay, S.Sos, M.Si; staff di Pemda MTB, para Pastor Paroki wilayah MTB, tua-tua adat Desa Olilit, panitia penjemputan arca  dan ribuan umat Katolik.

 Lintas Agama Sambut Kembalinya Arca Kristus Raja Semesta Alam di SaumlakiArca Kristus Raja Semesta Alam diturunkan dari kapal dan diadakan prosesi penjemputan secara adat oleh Tua-Tua Adat desa Olilit Barat. Selanjutnya pada pukul 09.35.WIT perarakan arca di Kota Saumlaki dimulai.

Rute perarakan yakni dari Pelabuhan Umum Kelas II Saumlaki lurus melewati perempatan Pos Lantas Tanjung Batu menuju toko Tujuh Serangkai kemudian belok kiri perempatan Satos menuju pertokoan lama dan dijemput di pertigaan Toko Selatan oleh umat protestan dari GPM Jemaat Ebenhaezer Saumlaki.

Arca kemudian diarak oleh dengan kelompok terompet menuju ke pertigaan GPM Ebenhaezer Saumlaki dan dilakukan acara penjemputan oleh Ketua Klasis Tansel bersama Jemaat. Arca kemudian meninggalkan lokasi pertigaan Gereja Protestan Jemaat Ebenhaezer Saumlaki menuju Kampung Babar melewati Jalan Mathilda Batlayeri kemudian belok kanan perempatan Kantor Pos dan Giro.

Rombongan kemudian singgah di depan Masjid Baiturahman Kompleks Aspol Saumlaki dan dilakukan penjemputan oleh Ketua MUI bersama umat muslim MTB. Selanjutnya rombongan meninggalkan lokasi Masjid Baiturahman dan belok kiri menuju perempatan Kantor PDAM Lama dan melewati Hotel Galaxy menuju  Kantor Bupati MTB di Jalan Ir. Soekarno.

Tiba di halaman Kantor Bupati MTB, dilakukan acara penjemputan oleh Pemda MTB berupa pengalungan syal tenun oleh Sekretaris Daerah MTB, Piterson Rangkoratat. Selanjutnya dilanjutkan dengan doa dan renungan singkat oleh Wakil Uskup Wilayah MTB-MBD.

 Lintas Agama Sambut Kembalinya Arca Kristus Raja Semesta Alam di SaumlakiSelanjutnya rombongan menuju perempatan Lanal Saumlaki dan  belok kanan menuju Desa Olilit Barat. Selanjutnya menuju Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Olilit Barat  sebagai tempat pengtaktahan sementara sebelum dikembalikan ke tempat Pengtaktahan di lokasi Kristus Raja, Finduar Olilit Timur.

Setibanya di gereja, arca disambut secara adat oleh Pastor Paroki Hati Kudus Yesus Olilit Barat dan Tua-Tua Adat desa Olilit. Kemudian Arca Kristus Raja Semesta Alam ditaktahkan pada tempat pengtaktahan sementara.

Selanjutnya, pada Minggu (25/11) arca akan diarak menuju lokasi Kristus Raja untuk dilakukan Misa Kudus dan selanjutnya akan diserahkan kepada panitia penerimaan Arca Kristus Raja Semesta Alam Paroki St. Petrus Seira, Kecamatan Wermaktian. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel