Inpex Masela Motivasi Kelompok Tenun Batlolonar Gunakan ATBM - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Inpex Masela Motivasi Kelompok Tenun Batlolonar Gunakan ATBM

Baca juga:

Inpex Masela Motivasi Kelompok Tenun Batlolonar Gunakan ATBM
AMDASA, LELEMUKU.COM - Perusahaan Minyak dan Gas (Migas) asal Jepang, Inpex Corporation yang mengelola Kilang LNG Blok Masela memotivasi Kelompok Tenun Batlolonar yang terdiri dari 15 orang  Ibu-ibu di Desa Amsada, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku untuk menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Hal ini diakui oleh Sekretaris Kelompok tersebut, Sekondina Angwarmase bahwa awalnya pihaknya merasa takut untuk menggunakan ATBM karena mereka lebih nyaman dengan alat tenun godokan tradisional yang sejak dahulu digunakan secara turun-temurun oleh seluruh masyarakat Kepulauan Tanimbar.

“Pada dasarnya masyarakat disini selalu menenun dengan godokan tradisional, jadi kami ragu untuk gunakan ATBM. Tetapi Inpex memberi semangat kepada kami, mereka bilang kalau ada keinginan untuk belajar pasti kami akan bisa,” aku dia saat didampingi oleh Bendahara Kelompok tersebut, Clara Sarbunan kepada Lelemuku.com di Rumah Batlolonar ATBM pada Sabtu (25/11).

Ia mengungkapkan dalam kurun waktu 3 minggu sejak 3 November 2018 lalu pihaknya sudah mulai mahir menggunakan ATBM, kini pihaknya sudah bisa menenun  Tenunan Brokat Songket dengan teknik benang timbul dan pada akhirnya nanti kelompok tenun ikat itu akan mengkolaborasi tenun ikat motif khas Tanimbar dengan teknik benang timbul khas songket.

“Kami sangat antusias untuk daftarkan diri dalam kelompok ini karena kami senang ada yang melatih, awalnya kami ada 20 orang tetapi karena kesibukan lain kini tersisa 15 orang. Inpex sendiri menyiapkan 3 pelatih buat kami dari Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat yaitu Pak Amin, Pak Deni dan Ibu Kista. Kami yakin pasti bisa menciptakan tenun ikat dengan gaya moderen yang menjadi ciri khas baru dari Tanimbar, ” ungkap Sekondina.

Program Pelatihan Tenun Tanimbar Tahun 2018 di kelompok tenun Batlolonar ini merupakan tindak lanjut dari program kolaborasi dan sinergi bersama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku dengan Inpex Masela Ltd yang dilakukan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan pada 23 Mei 2018 lalu di Ambon. Sementara bagi Inpex, pelatihan tenun Tanimbar di MTB telah dimulai sejak tahun 2013.

Rumah ATBM dari kelompok tenun Batlolonar sendiri baru saja diresmikan oleh Expertise Communication Relation Inpex Masela Halida N. Hatta bersama dengan Perwakilan BI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MTB pada Jumat (23/11). (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...