-->

Umat Stasi Santo Yosep Ilngei Penuh Sukacita Rayakan Bulan Rosario

Umat Stasi Santo Yosep Ilngei Penuh Sukacita Rayakan Bulan Rosario ILNGEI, LELEMUKU.COM – Umat di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep Ilngei, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku merayakan Bulan Rosario, yang jatuh pada tanggal 1 hingga 30 Oktober 2018 dengan penuh sukacita.

Hal tersebut terlihat dari penuh bahagianya seluruh umat dari salah satu rukun di gereja tersebut, yaitu Rukun Stasi Maria Bintang Laut yang melakukan perarakan sambil mengangkat Arca atau Patung Bunda Maria dengan menyuguhkan tarian dan nyanyian terbaik mereka.

Para umat itu mengunjungi rumah per rumah dari setiap anggota umat rukun tersebut yang berjumlah 32 Kepala Keluarga (KK) pada Rabu (24/10).

Menurut Ketua Rukun Stasi Maria Bintang Laut, Mathias Lermatan perarakan yang dilakukan merupakan program dari Pastor Paroki Stasi tersebut, yaitu Pastor Ungirwalu yang meminta masing-masing rukun untuk mengatur sendiri kegiatan penghormatan kepada Arca Bunda Maria dimana setiap rukun diberikan kesempatan untuk memegang Arca tersebut selama 3 hari.

Ia mengungkapkan untuk memberikan penghormatan dan menjaga Arca yang merupakan simbol dari Bunda Yesus Kristus itu, rukunnya melakukan doa Rosario dan penyembahan selama 3 hari dengan puji-pujian dan tari-tarian sejak Selasa (23/10) hingga Kamis (25/10) serta terlihat seluruh umat sangat antusias merayakan perayaan itu.

“Pada Bulan Rosario di Oktober ini kami harus menyembah kepada bunda maria agar apa yang menjadi pergumulan kita dapat terkabulkan. Kami juga siasati buat kegiatan ini agar semua umat dari muda hingga tua dapat berpartisipasi dalam penghormatan ini. Kegiatan yang dilakukan masing-masing rukun untuk menjaga Arca itu beda-beda” ungkap Lermatan.

Umat Stasi Santo Yosep Ilngei Penuh Sukacita Rayakan Bulan Rosario Ia pun memberikan apresiasi yang sangat besar kepada seluruh umat rukunya yang sudah dengan hati bersih menerima arca yang suci itu dan menambahkan pada Kamis (25/10) pukul 16.00 WIT akan dilakukan penyerahkan Arca Budan Maria dari rukunnya ke rukun Santo Fransiskus Xaverius serta akan disaksikan oleh seluruh umat Gereja Katolik Stasi tersebut.

“Besok sore Arca akan dibawah dari kita punya penataan ini, jadi saya mohon dari bapak dan ibu, marilah kita semua terus memberikan yang terbaik sehingga pada besok akhirnya kita kembalikan ke rukun yang lain penuh dengan keadaan sehat,” ucap Lermatan.

Penjagaan Arca di masing-masing rukun itu sudah dilakukan secara bergilir sejak Minggu (1/10) dan akan berakhir pada Kamis (30/10).

Menurut Ensiklopedia Katolik, Bulan Oktober secara resmi ditetapkan sebagai Bulan Rosario oleh Sri Paus Leo XIII pada tahun 1883, dalam Eksikliknya "Supremasi Apostolatus kepada semua Gereja Kristen Katolik. Sri Paus mengatakan bahwa umat dapat memperoleh indulgensi dengan berdoa Rosario pada bulan tersebut.(Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel