100 Peserta Meriahkan Karnaval Festival Pesona Meti Kei (FPMK) ke 3 - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif
Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Provinsi Maluku Mengucapkan Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Ketua KPI Papua, Jack Sobuber dan Sekda MTB Piterson Rangkoratat Mengucapkan Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

100 Peserta Meriahkan Karnaval Festival Pesona Meti Kei (FPMK) ke 3

Baca juga:

100 Peserta Meriahkan Karnaval Festival Pesona Meti Kei (FPMK) ke 3
LANGGUR, LELEMUKU.COM - Festival Pesona Meti Kei (FPMK) ke 3 tahun 2018 secara resmi dibuka oelh Bupati Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku, Ir. Anderias Rentanubun di depan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Langgur pada Kamis (25/10).

Pesta rakyat ini diawali dengan karnaval pembangunan yang menampilkan miniatur pembangunan selama 10 tahun, karnaval tersebut diikuti 100 peserta baik dari Organisasi Perangkat Daerah, BUMN, BUMD dan Ohoi/ Desa yang ada di Kabupaten Malra.

Dalam sambutannya Rentanubun menjelaskan,  pelaksanaan FPMK tahun ini tidak semeriah tahun sebelumnya, namun Bupati meminta inti dan maksud tujuan pelaksanaan Festival Pesona Meti Kei dapat diikuti secara baik karena dengan dilaksanakannya Festival Pesona Meti Kei, Kepulauan Kei sudah terkenal hingga ke mancanegara, terbukti dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan kedaerah ini.

“Mungkin karena banyak dan padatnya kegiatan di bulan ini, sehingga kegiatan Festival Pesona Meti Kei tahun ini kurang meriah seperti pelaksanaan yang pertama dan kedua tapi saya berharap, pada saat penutupan nanti akan berlangsung meriah,” kata Rentanubun.

Rentanubun memberikan apresiasi kepada semua pihak yang turut mendukung pelaksanaan FPMK tahun 2018 ini, dengan harapan kedepan pengembangan pariwisata dapat terus diperhatikan sebagai leading sektor Maluku Tenggara.

“Karena Maluku Tenggara tidak bisa dibangun untuk yang lain, kecuali untuk sektor jasa, jadi pendapatan kita hanya dari sektor jasa dan leading sektornya adalah pariwisata” ujar Rentanubun.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Malra, Roy Rahayaan mengatakan, Pelaksanaa FPMK merupakan agenda rutin Pemerintah Daerah Maluku Tenggara yang di selenggarakan setiap tahun, yang bertujuan untuk menggali dan membangkitkan kembali seni budaya tradisional di Kabupaten Maluku Tenggara,  serta mengangkat nilai seni dan budaya Kepulauan Kei.

“Festival Pesona Meti Kei tahun ini yang di selenggarakan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata, untuk mengajak masyarakat di daerah ini agar berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan FPMK, disamping itu juga untuk melestarikan kebudayaan dan mempromosikan Maluku Tenggara baik tingkat lokal maupun manca Negara” ungkap Rahayaan kepada RRI pada Rabu (24/10). 

Dikatakan, pembukaan FPMK melalui karnaval yang dilaksanakan depan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Langgur, sebagai lokasi star dan finis di Stadion Maren Langgur ini akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lain diantaranya lomba goyang meti kei, lomba tari sawat dan tari panah, tour mengelilingi objek wisata dan beberapa kegiatan lainnya  yang akan dilaksanakan hingga puncaknya 29 Oktober mendatang.

Memeriahkan kegiatan ini, pihaknya bekerjasama dengan pemuda evav kreatif yang dilibatkan untuk meramu berbagai kegiatan Festival Pesona Meti Kei tahun Ini, selain itu dinas pariwisata juga bekerjasama dengan pihak polres Maluku Tenggara, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan untuk menjaga Kamtibmas selama Pelaksanaan FPMK.

“Kami telah menyurati pihak Polres Malra serta intsansi instansi terkait untuk menjaga kemanan dan ketertiban selama pelaksanaan FPMK ini, sehingga pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik.” Tegas Rahayaan

Untuk konsumsi pelaksanaan FPMK , seluruhnya di serahkan kepada masayarakat yang ohoinya dijadikan tempat pelaksanaan festival, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat setempat dari sisi ekonomi.

Rahayaan, berharap dukungan dari semua elemen masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara, dalam pelaksanaan Festival  Pesona Meti Kei tahun in, sehingga kedepan Kepulauan Kei dapat menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia. (RRI)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...