-->

Kodam Pattimura Gelar Lomba Binsat Peleton Tangkas 2018

Kodam Pattimura Gelar Lomba Binsat Peleton Tangkas 2018
AMBON, LELEMUKU.COM - Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan S.I.P secara resmi membuka Lomba Peleton Tangkas Tingkat Kodam XVI/Pattimura dalam rangka Pembinaan Satuan Jajaran Kodam XVI/Pattimura TA. 2018, bertempat di Lapangan Mako Yonif Raider 733/Masariku, Desa Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Sambutan Pangdam yang dibacakan oleh Kasdam mengucapkan "Selamat Datang", kepada para peserta Lomba Peleton Tangkas Kodam XVI/Pattimura di Kota Ambon.

“Saya berharap perlombaan ini dapat terselenggara dengan baik dan sukses dalam arti mencapai tujuan dan sasaran yang sudah direncanakan, yaitu untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan prajurit tentang pencapaian profesionalitas dan semangat juang serta motivasi satuan setingkat Peleton dalam pencapaian keberhasilan pembinaan satuan”, kata Pangdam.

Tujuan diadakannya perlombaan Peleton Tangkas ini adalah untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan satuan yang siap operasional, guna melaksanakan tugas pokok. Selain itu juga sebagai indikator untuk mengukur hasil Binsat dan salah satu tehnik pengawasan langsung terhadap pelaksanaan Binsat.

Kegiatan tersebut  berlangsung selama 8 hari yang dimulai dari tanggal 13 s.d 20 Maret 2018 melombakan beberapa materi seperti Materi Menembak yang terdiri dari menembak Pistol jarak 25 meter dan menembak Senapan jarak 100 meter, Materi Bidang Oramil antara lain Lintas Medan, Renang Militer, Halang Rintang dan Kesegaran Jasmani “A” Lari 3200 meter. Selanjutnya Materi Miltiknik diantaranya Teori dan Praktek Ilmu Medan, HTF dan PBB.

Perlombaan Ton Tangkas ini diikuti oleh Peleton perwakilan masing-masing Satpur, Satkowil dan Denmadam, serta Balak dan Satbanpur Kodam XVI/Pattimura,  dengan sasaran meningkatnya ketahanan mental dan fisik serta profesionalisme keprajuritan, terbentuknya jiwa korsa, semangat juang dan motivasi keprajuritan yang tinggi dan meningkatnya kemampuan dalam memimpin di lapangan.

“Saya minta kepada para peserta agar mengikuti lomba ini dengan selalu menjunjung tinggi jiwa dan semangat sportivitas yang tinggi, sehingga melalui kegiatan ini dapat melahirkan Prajurit yang berkualitas dan dapat dibanggakan serta mampu bertanding pada event-event lainnya. Saya berharap pula agar lomba Ton Tangkas kali ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan diantara prajurit Kodam XVI/Pattimura”, harap Pangdam.

Pada Hari Kedua, Loma Pleton tangkas memainkan materi Permildas, bertempat di lapangan Upacara Secaba Rindam XVI/Ptm, Desa Suli Atas, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku tengah.

Dihari kedua pada materi Permildas, Mayor Inf.Tri Nugroho bertindak selaku Ketua Tim Penilai. Turut hadir di Lapangan, Danyon 732/Banau Letkol Inf Reimon Sitanggang,  Danyon 733-R /Masariku Mayor Inf Nyarman dan Danyon 731/Kabaresi Letkol InfIndra Irawanto.

Adapun kriteria Lomba meliputi keseragaman, kekompakan, dan komando. Penilaian ini bertujuan melihat sejauh mana peran Komandan Satuan/Dansat dalam membina anggotanya baik secara fisik maupun nonfisik dalam hal Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Materi yang dilombakan dalam Peraturan Baris Berbaris meliputi gerakan ditempat dan gerakan berjalan. Peserta terlihat serius selama ikut lomba. (Pendam16)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel