-->

Satgas TMMD di Kodim Yawa Lestarikan Rumah Panggung

Satgas TMMD di Kodim Yawa Lestarikan Rumah PanggungKETUAPI, LELEMUKU.COM - Rasa menghormati adat budaya tradisional masyarakat Papua khususnya di di Kampung Ketuapi, Distrik Anotaurei, Kabupaten Kepulauan Yapen, ditunjukkan oleh Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102 Kodim 1709/Yawa dengan membangun rumah panggung milik salah satu warga, Rabu (1/8).

Sang pemilik rumah, Yosep Kadiwaru minta untuk dibangunkan rumah dengan tipe panggung seperti ini merupakan inisiatif dirinya sendiri beserta keluarga, hal ini disebabkan karena dirinya beserta keluarga sudah terbiasa sejak kecil untuk tinggal di rumah panggung.

Sebelumnya, rumah yang dibangun oleh Satgas TMMD di 4 lokasi menggunakan tipe permanen dengan ukuran 7x8 meter. Namun, ada salah satu rumah yang terlihat berbeda.

“Selain itu, dengan tinggal dirumah panggung seperti ini secara tidak langsung kami juga sudah meneruskan budaya dari nenek moyang kami yang ada disini, kami juga menyangka bahwa Kodim 1709/Yawa tidak bisa menerima permintaan kami, tetapi hal tersebut terbalik," ujar dia. 

Rumah panggung dengan ukuran sama yakni 7x8 meter yang dibangun oleh Satgas TMMD Ke-102 menggunakan bahan kayu dan papan serta menggunakan atap seng, ini mencerminkan bahwa Kodim 1709/Yawa juga peduli untuk melestarikan budaya Papua khususnya budaya masyarakat Kampung Ketuapi. 

"Kodim 1709/Yawa malah membangun rumah yang sangat bagus bagi kami, sekalipun terlihat lebih modern tetapi dengan tinggal di rumah panggung seperti ini kami akan selalu mengenang nenek moyang kami. Terimakasih Kodim,” ungkap Kandiwaru. (Pendam17)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel