-->

Rencana Kesiapan Keberangkatan Pangdam Meninjau Lokasi Suku Mausu Ane

Rencana Kesiapan Keberangkatan Pangdam Meninjau Lokasi Suku Mausu AneAMBON, LELEMUKU.COM - Bekangdam XVI/Pattimura telah mengirimkan 47 paket sembako dengan menggunakan kapal cepat  menuju Kota Masohi dan kemudian didistribusikan melalui jalur darat pada Kamis (26/7).

Pagi ini, mengingat lokasi yang sukar dijangkau, Kodam XVI/Pattimura  akan mengirim sisa bantuan menggunakan Helikopter,  bersama dengan Pangdam XVI/Pattimura dan rombongan yang akan menyambangi langsung lokasi dimana suku Mausu Ane berada.

Perlu diketahui bahwa masyarakat Suku Mausu Ane terdiri dari tiga kelompok yang terdiri dari  kelompok Bantaran sungai kobi 11 Kepala Keluarga (KK), Laihaha 22 Kepala Keluarga (KK) dan Bantaran Sungai Tilupa 15 Kepala Keluarga (KK). Saat ini pihak Kodam XVI/Pattimura telah berhasil membujuk dan merangkul 54 jiwa dari total 170 jiwa masyarakat Suku Mausu Ane untuk mau turun dan menerima bantuan yang diberikan.

Kodam XVI/Pattimura terus berupaya melalui Kodim 1502/Masohi dan Koramil 1502-05/Wahai untuk membujuk masyarakat suku Mausu Ane untuk mau berbaur dengan masyarakat sekitar. Salah satu kendala di Lapangan ialah masyarakat Mausu Ane yang kurang mengerti atau belum bisa berbahasa Indonesia sehingga perlu penerjemah.

Setelah dipelajari, masyarakat suku Mausu Ane memiliki trauma tersendiri pasca penjajahan Zaman Belanda sehingga mereka memilih hidup tertutup dan terisolir dari masyarakat. Untuk itu diharapkan bantuan-bantuan yang datang baik dari TNI-Polri, Pemerintah dan instansi-instansi lain tidak hanya bersifat sementara, tetapi juga berkelanjutan bagi masyarakat suku Mausu Ane.

Kedepannya TNI-Polri bekerjasama dengan Pemda setempat akan membuat suatu kawasan atau tempat bagi masyarakat suku Mausu Ane yang layak sehingga mereka bisa tinggal, menetap, memiliki pekerjaan dan mau lagi untuk bergaul dengan masyarakat lainnya.

“Semua ini bukan soal apa-apa, tetapi soal rasa kemanusiaan”, ungkap Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho disela-sela wawancara persnya. (Pendam16)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel