-->

Pemprov Papua Bakal Tata Kembali Objek Wisata di Jayapura Raya

Pemprov Papua Bakal Tata Kembali Objek Wisata di Jayapura RayaJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pariwisata bakal melakukan penataan kembali sejumlah obyek wisata potensial di Jayapura Raya yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi guna dijadikan sebagai destinasi atau tempat tujuan atlet maupun official iven empat tahunan itu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua Yoseph Matutina mengatakan telah melirik sejumlah objek wisata untuk ditata kembali. Diantaranya, Pantai Base-G, Pantai Hamadi, Danau  Love, Pantai Depapre, Danau Sentani serta lainnya.

“Kemungkinan objek yang sudah ada dan familiar dulu yang kami tata secara baik. Supaya bisa jadi tempat wisata bagi peserta PON.”

“Apalagi akses jalan menuju ke sejumlah tempat wisata ini kan sudah bagus. Tinggal bagaimana dalam sisa waktu ini kita tata kembali menyiapkan semua nya sesuai standar dan kebutuhan sebagai tempat wisata,” terang dia di Jayapura, kemarin.

Disinggung soal potensi membuka objek wisata baru, Yoseph menilainya bukan merupakan sebuah ide yang potensial. Sebab bakal membutuhkan lebih banyak sumber daya, apalagi saat ini pemerintah provinsi tengah gencar-gencarnya menyiapkan anggaran untuk pembangunan sejumlah venue PON, maupun hal terkait lainnya.

“Belum lagi hambatan di masyarakat misalnya hak ulayat dan lain-lain. Sehingga membuka objek wisata baru tak menjadi opsi bagi kami untuk melaksanakannya."

Sementara masih dalam upaya mendukung PON, lanjut dia, Dinas Pariwisata ingin mengembangkan kerajian tangan, pakaian batik dan tas noken yang menjadi ciri khas Papua agar menjadi oleh-oleh PON 2020 bagi wisatawan yang berkunjung.

Sehingga diharapkan kebijakan ini mampu mengangkat sektor pariwisata maupun perekonomian masyarakat Papua, khususnya para pengrajin yang ada diatas tanah ini.

“Untuk itu, saya ajak seluruh masyarakat nantinya agar bisa menjaga, melestarikan dan ikut erawat lokasi wisata yang dikunjungi di masing-masing wilayahnya. Kami juga harap nantinya para pengrajin bisa mendukung kami dalam mengembangkan hasil kerajinannya dengan bernuansa Papua dan PON. Harapannya, agar ekonomi Papua bisa lebih baik,” ucapnya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel