-->

Pemerintah Pusat Dukung Sail Darwin Saumlaki Yacht Race 2018

Pemerintah Pusat Dukung Sail Darwin Saumlaki Yacht Race 2018
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Pemerintah Pusat mendukung jalannya pelaksanaan lomba kapal layar antar negara Darwin-Saumlaki Yacht Race 2018 yang dilaksanakan dari Sabtu (30/6) hingga Senin (2/7).

Dukungan tersebut terlihat dari pemberian izin penerbangan dari Darwin, Northern Territory, Australia ke Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku guna menyukseskan lomba tersebut.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyatakan izin penerbangan charter rute Darwin - Saumlaki -Darwin  pada surat bernomor AV.008/3/12/DAV-2018 tertanggal 29 Juni 2018 yang ditandatangani oleh Pelaksana Harian Direktur Angkutan Udara, Anung Bayumurti.

Ia mengatakan, para panitia harus berkoordinasi lanjut dengan pihak-pihak terkait di Bandara dan Pemda setempat, termasuk petugas Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) di Bandara Mathilda Batlayeri. 

Sementara Konsulat RI di Darwin menyatakan Darwin Sailing Club sebagai penyelenggara lomba Darwin-Saumlaki Yacht Race 2018 ini sangat antusias mempromosikan Tanimbar sebagai objek wisata perahu layar dari Australia.

"Saumlaki meruapakan salah satu tujuan wisata perahu layar dari Australia khususnya Darwin, karena letaknya yang tidak jauh, sehingga perjalanan dengan kapal layar hanya memakan waktu sekitar 2 hari," papar Kepala Konsul RI di Darwin, Dicky D. Soerjanatamihardja.

Ia menuturkan, lomba ini memberikan kepuasan tersendiri kepada para pelayar sebab para pelayar mendapat suguhan keramahan dari warga Tanimbar dan panorama alam yang masih asri.

"Selain keindahan dan keadaan alam yang masih natural, sambutan dari masyarakat Saumlaki juga sangat hangat dan ramah. Para pelayar ini bahkan mendirikan organisasi dengan nama 'Friends of the Tanimbars' pada tahun 2013 yang setiap tahunnya melakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat Saumlaki meningkatkan standar kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pelatihan masyarakat lokal," papar dia.

Dikatakan penerbangan charter Darwin - Saumlaki merupakan upaya peningkatan interaksi dan optimalisasi potensi promosi wisata dan maritim untuk Maluku, bagi masyarakat Australia.

Selanjutnya  Dicky menyatakan para pendiri Darwin Sailing Club, Peter Lockett dan Lucille Panting  juga serius dengan upaya promosi ini, salah satunya dengan mendatangkan pejabat pemerintahan Northern Territory guna melihat potensi kerjasama antar negara ini.

"Pesawat ini juga rencananya akan digunakan untuk mebawa para pejabat dari Northern Territory yang akan turut terlibat pada penyelenggaraan perlombaan ini. Kedatangan para pejabat ini juga diharapkan dapat membantu mengembangkan hubungan perdagangan antara Darwin dan Saumlaki," papar dia.

Dicky menjelaskan, pesawat yang akan mendarat di Saumlaki berjenis Metroliner dari maskapai Hardy Aviation yang menampung 19 penumpang. Pesawat ini dapat mendarat di landasan pacu antara 991 meter hingga 1341 meter.  Sementara landasan pacu Bandara Mathilda Batlayeri sepanjang 1630 meter. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel