-->

Cegah Abrasi Babinsa dan Warga Tanami Bantaran Sungai Air Minggu

Cegah Abrasi Babinsa dan Warga Tanami Bantaran Sungai Air MingguAIR MINGGU, LELEMUKU.COM - Guna mencegah terjadinya abrasi yang diakibatkan tingginya aliran sungai di Desa Air Minggu, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara Babinsa Koramil 1509-03/Bobong Serda Adi Krisbiantoro bersama warga menanami bantaran sungai pada Kamis (19/7) .

Kondisi Taliabu yang sering dilanda banjir khususnya ketika musim penghujan serta rawannya terjadi abrasi akibat derasnya luapan aliran sungai Desa Air Minggu sehingga Babinsa bersama warga berinisiatif melakukan penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai dengan pohon kelapa. 

Meskipun pada penanaman kali ini denga  jumlah yang terbatas karena terkendala ketersediaan bibit namun hal tersebut sudah kami laporkan kepada Danramil Bobong Mayor Inf Poniman dan akan segera dibantu dengan bibit pohon lainnya yang memiliki akar kuat dan mengikat tanah sehingga dapat menghindarkan dari bahaya abrasi gerusan air sungai. 

Senada dengan hal tersebut Kades Air Minggu  Warisun Upik Widodo membenarkan bahwa dia bersama Babinsa dan Warga melakukan penanaman ini sebagai upaya prefentif atau pencegahan 

"Tong Istiar supaya jang air bawa tanah sehingga torang tanam kalapa di pinggir sungai," kata dia.

Ditempat terpisah Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Joni Widodo menyampaikan bahwa pihaknya mendukung dan telah memerintahkan Danramil untuk membantu penyediaan bibit baik yang berada di Makoramil maupun berkordinasi dengan Dinas Pertanian setempat. (Penrem152)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel