-->

Richard Louhenapessy Launching Smart City di Leitimur Selatan

Richard Louhenapessy Launching Smart City di Leitimur Selatan
HUTUMURI, LELEMUKU.COM – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy melaunching implementasi Smart City di Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) dan Sistem Informasi Kesehatan Daerah "SIKDA Generik", bertempat di Puskesmas Hutumuri, Kecamatan Letisel, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Selasa (26/6).

Acara yang dilaksanakn guna mewujudkan Program Ambon menuju Kota Pintarini diprakarsai oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian serta Dinas Kesehatan Kota Ambon dan bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia Cabang Ambon.

Walikota dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) telah meluncurkan program Ambon “Smart City”, guna memudahkan penggunaan dan penyiapan Teknologi Informasi di semua Kecamatan di Kota Ambon.

Walikota menambahkan, Pemkot bekerjasama dengan PT Telkom Cabang Ambon agar pembangunan infrastruktur dan jasa komunikasi bukan hanya di pusat Kota tetapi menjangkau Kecamatan Letisel.

Mengingat keinginan terbesar dari Walikota untuk seluruh desa dan kelurahan di Kota Ambon terjangkau layanan internet, sehingga masyarakat terutama para pelajar tidak lagi kesulitan dalam mengakses internet.

Diakuinya, tahap awal peluncuran program smart city, pihak Pemkot dalam hal ini Dinas Komunikasi,Informatika dan Persandian mendapat respon yang positif dari PT. Telkom Witel Maluku.

"Yakni dukungan pemberian Wifi Service di Sembilan lokasi di Ambon, diantaranya Kawasan Pattimura Park, Halaman Balaikota, Tugu Leimena-Poka, Area Kantor Kecamatan Teluk Ambon, Baguala dan Kantor Dispendukcapil. Dipastikan ke depan masyarakat di Kecamatan Letisel juga akan dapat menikmati layanan yang sama," ujar dia.

Pada Kesempatan yang sama, Walikota juga melaunching Aplikasi SIKDA Generik Kota Ambon.

Aplikasi SIKDA Generik merupakan aplikasi sistem informasi kesehatan yang mengintegrasikan sistem-sistem informasi di puskesmas, rumah sakit, dan sarana kesehatan lainnya, baik itu milik pemerintah maupun swasta. 

Aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.

Aplikasi "SIKDA GENERIK" merupakan penerapan standarisasi Sistem Informasi Kesehatan, sehingga diharapkan dapat tersedia data dan informasi kesehatan yang cepat, tepat dan akurat dengan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan / kebijakan dalam bidang kesehatan.

Guna memperlancar pemanfaatan aplikasi tersebut, Dinas Kesehatan Kota Ambon mendapat bantuan 52 Unit Komputer dari Global Fund yang nantinya akan dibagikan ke 10 (Sepuluh) Puskesmas yang ada di kota Ambon. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel