-->

Brigjen Hasanuddin Gelar Bakumpul Bacarita Kamtibmas (BBK) di Saumlaki

Hasanuddin Gelar Bakumpul Bacarita Kamtibmas (BBK) di SaumlakiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Wakil Kepala Polisi Daerah (Wakapolda) Provinsi Maluku, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Drs. Hasanuddin, S.H., M.H menggelar kegiatan Bakumpul Bacarita Kamtibmas (BBK) bersama Tokoh Agama, Pemerintah Desa dan Pemangku Kepentingan Desa Olilit Raya, Desa Sifnana, Desa Lauran dan Kelurahan Saumlaki di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Dalam arahannya Wakapolda Hasanuddin mengatakan alasan kunjungan perdananya ke Kepulauan Tanimbar guna menyemangati dan bertemu langsung dengan anggota Polres MTB serta dapat bersilahturami dengan perwakilan masyarakat MTB untuk melaksanakan program yang dicanangkan oleh Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Maluku, Brigjen Pol. Andap Budi Revianto yaitu program BBK.

“Juga pada kesempatan ini saya sampaikan kepada Kapolres MTB, kalau bisa saya ketemu dengan masyarakat untuk melaksanakan program yang dicanangkan oleh Kapolda Maluku,” kata dia, pada Rabu (23/05).

Wakapolda menjelaskan program BBK sendiri di Kota Ambon selalu rutin dilaksanakan pihaknya setiap hari Rabu siang, yang selalu melibatkan seluruh komponen masyarakat dan juga kelompok masyarakat yang sering bertikai guna mencari solusi.

Selain itu, wadah BBK ini dibentuk agar ada komunikasi yang baik antara pihak kepolisian dan masyarakat dengan saling memberikan masukan, saran pendapat kepada kinerja kepolisian serta menjalin kedekatan antara polisi dan masyarakat. 

“BBK dilakukan agar ada masukan buat polisi, saran pendapat dan mungkin juga kritikan tentang kinerja kepolisian. Semakin sering ketemu kami dapat menampung keluhan-keluhan masyarakat, menampung keperluan-keperluan masyarakat. Maka diharapkan tidak ada lagi jarak antara polisi dengan masyarakat,” jelasnya.

Ia pun mengajak kepada seluruh undangan untuk memberi pertanyaan apa saja tentang tugas dan fungsi Kepolisian dan berjanji masukan dari masyarakat akan ditindak lanjuti.

“Pada kesempatan ini kami membuka ruang , silahkan bapak dan ibu bertanya atau berikan masukan-masukan kepada kami. Silahkan menanyakan hal apa saja, disini kalau segionya segera bisa kami tindak lanjuti, kalau tidak bisa dan harus kami tunda dan akan segera dilaksanakan,” ajak Brigjen Hasanuddin.

Menanggapi kegiatan BBK tersebut salah satu Tokoh Agama dari Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Saumlaki, Pdt. Fredik Abraham Haumahu, S.Th mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena secara langsung masyarakat Bumi Duan Lolat diberi kesempatan untuk berbicara dengan wakapolda Maluku terkait tugas-tugas kepolisian terutama untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di MTB.

Tokoh Agama dari Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Saumlaki, Pdt. Fredik Abraham Haumahu, S.Th“Ini salah satu kegiatan yang sangat baik sekali karena kita secara langsung bisa berbicara dengan Wakapolda terkait dengan tugas-tugas kepolisian terutama untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat,” kata Pdt. Haumahu.

Ia mengungkapkan pertemuan tersebut juga membantu para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan juga para pimpinan desa untuk meningkatkan kewaspadaan dini dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di lingkungan masyarakat.

“Bisa membantu kita untuk meningkatkan kewaspadaan dini terutama untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan berlangsungnya hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita bersama,” ungkap Pdt. Haumahu.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana Wakapolda memberi kesempatan kepada 5 penanya dan langsung ditanggapi.

Turut hadir dalam kesempatan itu para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, pemerintah desa dan pemangku kepentingan dari Desa Olilit Raya, Desa Sifnana, Desa Lauran dan Kelurahan Saumlaki di Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel). (Anna Aurmatin)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel