-->

Darwin Sailing Club Gelar Lomba Perahu Layar Darwin - Saumlaki 2018

Darwin Sailing Club Gelar Lomba Perahu Layar Darwin - Saumlaki 2018SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Darwin Sailing Club sebagai klub berlayar asal Kota Darwin, Wilayah Teritori Utara, Australia akan kembali menggelar iven tahunannya yaitu lomba perahu layar dari Darwin ke Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada 30 Juni 2018.

Menurut Ketua Panitia pelaksana lomba tersebut, Lucille Panting, pihaknya mengelar lomba berlayar ini dengan tujuan memberikan kesempatan kepada para peserta lomba untuk melihat indahnya Kepulauan Tanimbar, yang memiliki keunikan budaya salah satunya dengan kerajinan tradisional tenun ikat dan patung ukiran serta bentuk musik dan tarian yang khas.

“Kami memulai berlayar pada tanggal 30 Juni dan tiba di Saumlaki tanggal 2 atau 3 Juli.  Kegiatan ini membutuhkan 2 hari perjalanan atau 48 jam untuk sampai disini (Saumlaki),” kata dia kepada Lelemuku.com, pada Kamis (17/05).

Lucille mengungkapkan alasan pihaknya memilih Kepulauan Tanimbar sebagai tujuan perlayarannya karena jarak dari Tanimbar yang begitu dekat dengan Kota Darwin yang dipisahkan dengan Laut Arafuru. Hal ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan melakukan pelayaran ke Kota Ambon atau Kota Dili, Timor Leste yang membutuhkan waktu tempuh hingga 4 hari perjalanan, sedangkan  ke Tanimbar hanya 2 hari perjalanan saja.

Selain jarak tempuh yang dekat, keindahan laut Tanimbar juga menjadi alasan bagi klub berlayar ini untuk melakukan kegiatan menyelam dan berenang.  Serta cuaca yang sama menjadi alasan, dimana Lokasi Kota Darwin sendiri yang relatif dekat dengan garis equator, maka kota ini merupakan satu-satunya kota besar di Australia yang beriklim tropis seperti Negara Indonesia. 

“Kami ingin datang kesini karena Tanimbar begitu dekat dengan negara kami, aman dari hewan predator laut, masyarakatnya ramah, lokasi menyelam dan berenang juga sangat bagus dan memiliki cuaca yang sama dengan darwin,” ungkap dia.

Lucille memastikan saat ini telah terdaftar sekitar 12 armada perahu layar yang akan telibat dalam lomba tersebut. Pihaknya sendiri masih membuka pendaftaran bagi peserta yang berminat hingga tanggal 29 Mei 2018.

“Ini merupakan uji coba antara 10 sampai 15 kapal, tapi belum pasti, kami perkirakan sekitar 12 kapal yang sudah terdaftar, tahun 2017 lalu kan hanya 4 saja,” jelas dia.
Kendala pelaksanaan lomba Layar Darwin Saumlaki 2018 ini adalah cuaca, yang terlalu berangin sehingga bisa berdampak pada jumlah perahu yang terlibat, yaitu ada beberapa perahu yang berukuran kecil yang tidak bisa menahan angin.

“Tahun lalu pelayaran di bulan Oktober tidak berangin, jadi kami pilih bulan Juli ini karena berangin, namun sekarang malah terlalu banyak angin. kegiatan ini tetap jalan cuma beberapa perahu mungkin gugur karena ukurannya yang kecil, untuk itu kami akan kembali memastikan berapa jumlah perahu yang akan ikut,” beber  Lucille. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel