SKK Migas dan Inpex Sosialisasi Rencana Survey PreFeed Blok Masela - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

SKK Migas dan Inpex Sosialisasi Rencana Survey PreFeed Blok Masela

Baca juga:

SKK Migas dan Inpex Lakukan Sosialisasi Rencana Survey PreFEEDSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Satuan Kegiatan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wilayah Papua dan Maluku (Pamalu) dan Inpex Corporation didampingi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melakukan sosialisasi rencana survey pre-front end engineering design (Prefeed) ke 3 desa yang akan dijadikan lokasi wilayah pembangunan proyek Blok Masela.

Kepala SKK Migas Wilayah Pamalu, Rinto Pudyantoro, MM., AK., CA mengatakan bahwa survey pre-feed adalah kegiatan pengambilan data teknis di lapangan dalam rangka pengembangan Gas Abadi yang merupakan proyek pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) yang dinyatakan sebagai Proyek Strategis Nasional dan untuk menjalankan bisnis supaya Blok Masela ini bisa menghasilkan minyak dan gas, maka pemerintah melalui SKK migas menjalin kerja sama dengan Inpex Corp.

“Sosialisasi ini untuk menginformasikan mengenai kegiatan namanya survey prefeed, survey yang dimaksudkan untuk melengkapi data. SKK migas adalah unit kerja di pemerintahan yang diberikan tugas untuk berbisnis dengan inpex untuk menghasilkan uang untuk penerimaan Negara lewat kontrak bagi produksi,” kata dia saat menyampaikan gambaran umum di Sosialisasi Kegiatan tersebut di Gedung Kesenian Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan pada Rabu (18/04).

Ia mengungkapkan bahwa survey yang akan dilakukan ini sangat penting bagi Inpex karena akan menjadi dasar pelaporan kepada SKK Migas tentang kondisi tanah, topografi, laut dan udara. Kemudian menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang akan memilih lokasi dimana persisnya wilayah pembangunan proyek blok masela tersebut.

“Dari situlah nanti bersama dengan SKK Migas akan memberikan informasi dan mengajukan usulan kepada mentri ESDM mengenai kondisi-kondisi tanah yang telah disurvey. Jadi kewenagan untuk menetapkan dimana persisnya nanti akan tergantung pada survey pada hari ini,” ungkap Rinto.

Dalam sambutannya Bupati MTB, Petrus Fatlolon, S.H., M.H meminta kepada seluruh masyarakat MTB agar mendukung pelaksanaan kegiatan survey sebagai titik awal perencanaan pembangunan seluruh fasilitas yang berhubungan dengan pengembangan kilang liquefied natural (LNG) blok masela di Kabupaten MTB.

“Saya ingin menyampaikan pada segenap masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat terutama yang berasal dari 3 desa, yaitu Desa Lermatang, Olilit dan Lauran yang nantinya akan dilintasi Pelaksanaan survey bahwa ini merupakan pekerjaan awal sebagai penentu apakah MTB siap atau tidak untuk nanti dibangun fasilitas-fasilitas penunjang produksi LNG blok masela,” kata Fatlolon.

Bupati Fatlolon menegaskan ini harus menjadi hal yang sangat membanggakan dan patut untuk didukung karena proyek strategis nasional ini merupakan proyek satu-satunya di Maluku yang tentunya akan memberikan efek ganda bagi masyarakat ke depannya.

“Tidak ada proyek di Maluku yang masuk dalam kategori strategis nasional karena itu kita bangga dan sekaligus wajib untuk memberikan dukungan agar seluruh pelaksanaan survey ini dapat berjalan dengan baik.  Ada banyak daerah yang ingin lokasi pengembangan Blok Masela ini di kabupaten mereka. Tetapi puji tuhan pemerintah pusat bersama dengan provinsi telah menempatkan Kabupaten MTB sebagai tempat pengembangan LNG Blok Masela,” tegas dia.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan rencana survey prefeed oleh Tim dari Inpex Corporation, Herry yaitu bagian umum proyek lapangan gas abadi lokasi Blok Masela, pengembangan lapangan gas abadi ditetapkan sebagai salah satu proyek strategis nasional, gambaran umum ruang lingkup pengembangan lapangan gas, gambaran umum proyek lapangan gas abadi tahapan proyek hulu migas, manfaat pengembangan lapangan gas abadi bagi Maluku, gambaran umum kegiatan pengambilan data, perkiraan tata waktu kegiatan pengambilan data teknis tahap 1 dan lokasi pengambilan data teknis dari kegiatan batimetri, topografi dan geoteknikal. Kemudian kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta sosialisasi tersebut.

Dalam kegiatan ini turut hadir Bupati MTB Petrus Fatlolon SH., MH, Sekretaris Daerah Piterson Rangkoratat, SH, Kepala Dinas ESDM Provinsi Maluku Marta Nanlohy, Kepala SKK Migas Wilayah Pamalu Rinto Pudyantoro, MM., AK., CA, Kepala Unit percepatan proyek abadi SKK Migas Lucky Antoro, Pimpinan INPEX CORP, Pimpinan SKPD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Para Camat, Para Kepala Desa dan perwakilan masyarakat dari Desa Lermatang, Desa Olilit dan Desa Lauran. (Aksamina Masela)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...