-->

Ryan Heryawan Kunjungi 3 Desa Lokasi TMMD di Maluku Tenggara Barat

Ryan Heryawan Kunjungi 3 Desa Lokasi TMMD di Maluku Tenggara BaratBATU PUTIH, LELEMUKU.COM – Komandan Kodim (Dandim) 1507 Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Letnan Kolonel Infantri Ryan Heryawan mengunjungi 3 Desa yang menjadi lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101.

Tiga desa yang menjadi lokasi TMMD adalah Desa Batuputih, Desa Wermatang dan Desa Marantutul di Kecamatan Wermaktian yang telah dilaksanakan sejak tanggal 4 April hingga 3 Mei 2018 nanti.

Menurut Dandim Ryan bahwa TMMD sudah melakukan pembangunan sarana infrastruktur, diantaranya pembangunan jalan rabat dan jalan panjang, talud, 10 rumah layak huni dan perumahan 3 unit puskesmas pembantu.

“Progres pembangunan TTMD sudah ada yang mencapai 100 persen seperti yang kita lihat tadi jalan rabat, jalan panjang 200 meter kemudian talud itu sudah sampai 75 persen. Kemudian bangunan yang lain seperti 10 perumahan layak huni, dan perumahan 3 unit pustu itu rata-rata itu sudah mencapai 25%,” kata dia saat melakukan pemantauan langsung di 3 desa tersebut, pada Rabu (11/04).

Ia mengungkapkan sumber dana untuk pekerjaan TMMD beralokasi dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten MTB sebesar 1 milyar rupiah dengan mengerahkan 150 personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian serta dibantu juga oleh masyarakat setempat.

“Semua personil yang kita kerahkan itu 150 personil baik TNI maupun Polri di bagi tiga desa. Selama TTMD berjalan mereka tinggal di rumah-rumah penduduk. Kami juga bekali uang makan dan uang yang kita kasih ke masyarakat dengan catatan bisa di digunakan bersama masyarakat, jadi makan sama-sama dengan masyarakat,” ungkap Dandim Ryan.  

Dandim 1507 Saumlaki berharap lewat kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi Pemda MTB dalam pembangunan insfrastruktur di desa serta dapat menjawab kebutuhan masyarakat desa tersebut.

“Dengan adanya TMMD di desa batuputih kan baru yang pertama ini dengan harapan ini akan menjadi contoh dari kami bagi pemda.itu menjadi jalan keluar bagi masyarakat di desa-desa tersebut,” harap ia.

TNI TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bhaki TNI, dimana mengacuh pada Undang-Undang (UU) TNI Nomor 34 Tahun 2014 yaitu sebagai membantu tugas pemerintah di daerah, ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya yaitu bekerja sama secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana. (Akasamina Masela)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel