Festival Teluk Jailolo 2018 Siap Dilaksanakan - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Festival Teluk Jailolo 2018 Siap Dilaksanakan

Baca juga:

Festival Teluk Jailolo 2018 Siap Dilaksanakan
JAILOLO, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara siap melaksanakan agenda Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2018 yang akan dilaksanakan pada 3-5 Mei 2018 di Kecamatan Jailolo. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Halbar, Fenny Kiat, pesta rakyat ini dijamin akan meriah dan menarik. Sebab iven tahunan yang digelar sejak 2009 lalu ini menyajikan berbagai kearifan lokal yang ada di wilayah Barat Pulau Halmahera ini.

"Keindahan alam, potensi bawah laut, potensi budaya dan kuliner yang menguggah selera dapat menjadi daya tarik dalam perhelatan ini. Berbagai atraksi menarik bakal ditampilkan dalam festival ini. Semua suku dan masyarakat kami libatkan untuk menyukseskan acara ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Halmahera Barat, Fenny Kiat seperti dikutip dari Genpi.co pada Sabtu (14/4).

Ia mengatakan pesona Teluk Jailolo, pastilah sudah tak asing bagi yang kerap melancong ke bagian timur Indonesia. Di seputar teluk nan elok itulah festival diselenggarakan, utamanya di tiga desa wisata, yaitu Gamtala, Guaeria dan Bobanehena. Sehingga rangkaian acara yang akan dilaksanakan dalam Festival Teluk Jailolo 2018 diantaranya Pesta permainan tradisional anak, Pagelaran Seni Budaya Suku Se-Halmahera Barat seperti Sasadu di Laut, Moloku Kie Raha, Sigofi Ngolo, Orom Sasadu, Pasar Kudapan Jailolo Kitchen, Moloku Kie Raha dan Gelar Kuliner Halmahera Barat. 

"Ada pula atraksi Ritual Sigofi Ngolo, Pameran Budaya dan Pagelaran Tarian Kreasi theme song FTJ," ujar dia.

Dijelaskan Fenny, bahwa upacara Ritual Sigofi Ngolo merupakan ritual persembahan untuk alam agar kegiatan FTJ berjalan lancar. Selain itu yang menjadi daya tarik utama pada puncak Festival Teluk Jailolo ini adalah penampilan  Sasadu on the Sea. Pertunjukan ini menghadirkan International Performance dari  Cry Jailolo dan Balabala. Selain juga menampilkan band nasional, Slank yang dijamin menambah kemeriahan FTJ 2018.

"Sebagai penutup dari rangkaian FTJ 2018 disediakan Fun Trip ke Loloda untuk melihat keindahan alam tersembunyi Pulau Sosota, Air Terjun Kahatola, Ngaramabeno dan Tebing Mariporoco serta di sore hingga malam hari disuguhi BBQ in Pastofiri Island," papar dia. 

Ia menyatakan bagi yang ingin menghadiri Festival Teluk Jailolo, tak ada kata sulit untuk menuju lokasi acara. Ada penerbangan menuju Bandara Sultan Baabulah di Ternate, juga layanan transportasi kapal laut ke Ternate. Dari Ternate menuju Jailolo, kita bisa menumpang kapal cepat atau kapal kayu. Soal akomodasi selama di Jailolo, tak perlu khawatir. Ada sejumlah hotel bintang satu dan homestay di seputaran Teluk Jailolo. Biaya per malamnya pun relatif tidak mahal.

"Mari berkunjung Ke Halmahera Barat dan rasakan sensasi kemeriahan satu dekade perayaan Festival Teluk Jailolo 2018,” ajak Fenny. (Genpi)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...