VCO Jadi Peluang Baru Bagi Petani Kelapa di Tanimbar - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

VCO Jadi Peluang Baru Bagi Petani Kelapa di Tanimbar

VCO Jadi Peluang Baru Bagi Petani Kelapa di MTB
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon Mengakui Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni akan menjadi peluang usaha yang baru bagi para petani kelapa di Kepulauan Tanimbar.

“Kalau kita lihat ini akan melibatkan para petani sendiri, jadi bukan menciptakan lapangan kerja untuk kalangan luar tidak, tapi lapangan kerja khusus untuk petani pemilik kebun kelapa sendiri. Karena mereka yang akan kita bantu dengan fasilitas peralatan dan merekalah yang kita minta untuk bertindak sebagai produsen dari coconut oil tersebut,” kata Fatlolon kepada wartawan saat akhir presentasi rencana penataan Kota Saumlaki, di Gedung Pendopo Bupati, pada Selasa (27/2).

Ia mengajak para petani buah kelapa agar menyiapkan diri dan kebun kelapa dari sekarang. Sebab potensi ini akan dikembangkan oleh pemda dalam waktu dekat.

“Persiapannya, pertama pohon kelapanya itu yang harus mereka pelihara dengan baik, kemudian kesiapan bahan baku karena nanti untuk pelatihan secara teknis produksi coconut oil tadi akan dilakukan langsung oleh distributor peralatan tadi,” jelas Bupati Fatlolon.

Dikatakan pelatihan menggunakan alat, produksi hingga pemasaran akan dilakukan langsung di Kabupaten MTB.

“Mereka nanti akan datang untuk melatih disini. Kita rencana nanti untuk sebagai model kita tetapkan mungkin antara 4 samapai 5 titik dahulu, 1 usaha pengolahan minyak di Selaru, 2 usaha di Yamdena, 1 usaha di Larat, trus di untuk Yaru, Wualabobar dan Molu Maru ada 1 usaha saja sebagai model. Kalau itu sudah sukses barulah di setiap kecamatan akan ada 1, 2 atau 3 kelompok,” tutup Bupati.

VCO atau minyak kelapa murni adalah minyak yang dibuat dari daging kelapa segar. Proses yang dilakukan dalam suhu rendah. Cara membuatnya adalah dengan mendapatkan santan daging kelapa, dilanjutkan dengan proses fermentasi atau menggunakan enzim, dan dapat juga diolah secara mekanik.

Cara membuat minyak kelapa murni, VCO tidak menggunakan bahan kimia dan solvent. Dari proses ini, rasa minyak yang lembut dan aroma khas kelapa. Jika membeku dibawah dua puluh derajat celcius, warna minyak kelapa murni putih. Sedangkan jika air, itu adalah tidak berwarna atau bening.

VCO yang sudah dikenal sejak lama juga punya banyak manfaat, diantaranya untuk mengobati demam, detoksifikasi dan menetralkan racun karena obat. (Anna Aurmatin/Laura Sobuber)

Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment