Syarif Hadler Tandatangani 224 MoU Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Syarif Hadler Tandatangani 224 MoU Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades)

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) Bidang Perikanan dengan PT. Aruna Jaya Nusantara dalam Acara Jakarta Food Security Summit-4 yang diselenggarakan pada tanggal 8-9 Maret, bertempat di Jakarta Convention Center, Kamis (8/3).

Prukades merupakan usaha membangun kemitraan antara petani dan peternak di desa dengan pihak swasta, yang menjadi salah satu program prioritas Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT). (MP).

Prukades adalah salah satu dari empat prioritas utama Kementerian Desa PDTT sebagai usaha membangun kemitraan antara petani dan peternak di desa dengan pihak swasta. Pihak swasta di sini bertindak sebagai off taker, pembeli produk dalam skala besar, sekaligus pembina agar penduduk desa dalam kegiatannya menghasilkan produk yang konsisten bermutu. 

Karena skala produk yang akan dikelola dalam kerja sama tersebut besar, dianjurkan agar kerja sama pada tingkat kabupaten/kota dilakukan antar Bumdes, sehingga di kabupaten/kota bisa ada beberapa Bumdes yang membentuk Bumdes Bersama atau Prukades, kemudian mengelola produk yang sama dan bekerja sama dengan kalangan swasta sebagai mitranya. 

Kerja sama dengan mitra kerja tersebut tidak menghambat setiap desa membangun kerja sama lain dalam mengolah produk ikutan yang tidak diambil oleh mitra utamanya. 

Sekitar 224 nota kesepahaman ditandatangani antara Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) yang mewakili pemerintah pusat, dengan 102 bupati dari seluruh Indonesia dan 66 perusahaan swasta. (DiskominfoAmbon)

Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment