Pemkab MTB Rencana Tata Kota Saumlaki - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Pemkab MTB Rencana Tata Kota Saumlaki

Pemkab MTB Rencana Tata Kota SaumlakiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada tahun 2018 ini berencana akan menata Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan.

Menurut Bupati Petrus Fatlolon, Pemkab telah menganggarkan belasan milyaran rupiah di tahun kerja anggaran 2018 yang dikhususkan untuk penataan sekitar Kota Saumlaki.

“Alokasi  anggaran dalam jumlah belasan milyaran rupiah dialokasikan untuk pembangunan trotoar, drainase, penataan jalan. Minus (belum termasuk) reklamasi  untuk pasar dan pembangunan tugu di berbagai tempat yang telah dikerjakan. Dalam hal ini peningkatan jalan yang saat ini ada berlobang yang akan kita hotmix (diaspal halus) supaya jangan lagi ada yang mengatakan jalan berlobang,” kata Fatlolon saat menyampaikan arahan dalam acara Presentasi Penataan Kota Saumlaki di Pendopo Bupati pada Selasa (27/02).

Ia mengatakan sebuah kota tanpa pembangunan merupakan tanda bahwa kota tersebut tertinggal dari kota-kota yang lain. Maka Bupati memohon dukungan dari masyarakat karena pembangunan tanpa masyarakat adalah sia-sia dan begitupun sebaliknya.

“Kami menyadari penataan  kota pasti bersentuhan langsung dengan berbagai komponen masyarakat termasuk di dalamnya Bapak-Ibu para pengusaha,  tokoh masyarakat beserta tokoh agama dan semua warga kota saumlaki. Tidak ada pembangunan yang tidak bersentuhan dengan masyarakat, tidak  ada pula pembangunan bila tidak ada masyarakat,” kata Bupati.

Dalam kesempatan ini Bupati memberitahuan kepada semua pihak bahwa dalam waktu dekat pekerjaan pembangunan ini akan dilaksanakan, sehingga ia memohon pengertian dari warga MTB, jika ada aktifitas yang mengganggu kelancaran kegiatan masyarakat.

“Melengkapi apa yang sudah disampaikan oleh teman-teman dari Dinas PU dan Dinas Lingkunagan Hidup, saya ingin sekali lagi memohon kepada Bapak-Ibu sekalian agar kiranya bapak ibu berikan dukungan. Dukung kami, dukung kita semua, program ini tentunya bukan untuk sekelompok orang tapi untuk kita semua, seluruh lapisan masyarakat,” terang dia.

Dalam sosialisasi tersebut ada 6 hal yang menjadi perhatian dalam penataan Kota Saumlaki yang ditekankan oleh Bupati, yaitu tentang  drainase, trotoar, Penempatan Pot Bunga, sampah, pembangunan infrakstuktur dan fasilitas umum lainnya. Ia juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberian saran dan kritik pada rencana penataan tersebut.

Turut hadir dalam persentasi tersebut Forkopimda, pimpinan SKPD dalam lingkup pemerintah kabupaten Maluku tenggara barat, pimpinan partai politik, para pengusaha, sesepuh, tokoh agama, toko masyarakat, dan perwakilan warga Kota Saumlaki. (Anna Aurmatin/Laura Sobuber)
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment