-->

Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Banda, Tidak Berpotensi Tsunami

AMBON, LELEMUKU.COM - Badan Meteorologi Klimatolog dan Geofisika (BMKG) menyatakan wilayah Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku diguncang gempabumi tektonik pada hari Minggu (11/3).   Menurut rilis dari Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Abraham F. Mustamu, S.Si, MM dikatakan hasil analisis menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 20:52:33 WIT dengan kekuatan magnitudo 4,8 Skala Richter. Pusat gempabumi terletak pada koordinat 4,18 LS dan 131,01 BT, 129 km Timur Banda pada kedalaman 94 km.  Berdasarkan laporan warga, intensitas guncangan gempabumi ini dirasakan di Banda I SIG-BMKG (II MMI). Di daerah tersebut dilaporkan guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Namun demikian, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat guncangan gempabumi tersebut.  Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi Menengah akibat Subduksi Seram, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.  Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun belum ada aktifitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dan arahan dari BMKG dan BPBD. Khusus masyarakat di daerah pesisir dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami. (BMKG)AMBON, LELEMUKU.COM - Badan Meteorologi Klimatolog dan Geofisika (BMKG) menyatakan wilayah Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku diguncang gempabumi tektonik pada hari Minggu (11/3).

Menurut rilis dari Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Abraham F. Mustamu, S.Si, MM dikatakan hasil analisis menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 20:52:33 WIT dengan kekuatan magnitudo 4,8 Skala Richter. Pusat gempabumi terletak pada koordinat 4,18 LS dan 131,01 BT, 129 km Timur Banda pada kedalaman 94 km.

Berdasarkan laporan warga, intensitas guncangan gempabumi ini dirasakan di Banda I SIG-BMKG (II MMI). Di daerah tersebut dilaporkan guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Namun demikian, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat guncangan gempabumi tersebut.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi Menengah akibat Subduksi Seram, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun belum ada aktifitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dan arahan dari BMKG dan BPBD. Khusus masyarakat di daerah pesisir dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami. (BMKG)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel