-->

Pemkab MTB Dukung Hip-Hop Asongan Gagasan Rumah Kreatif Saumlaki

Pemkab MTB Dukung Hip-Hop Asongan Gagasan Rumah Kreatif Saumlaki
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daera (Setda) MTB Reinhard. S. Matatula sangat mengapresiasi pentas seni Hip-Hop Asongan  pada Hari Kasih Sayang oleh Rumah Kreatif Saumlaki pada Kamis (15/2).

Ia mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini untuk mendorong kreatifitas generasi muda Tanimbar dalam mengekspresikan bakat dan minat mereka.

“Saya sangat mendukung kegiatan positif seperti ini, yang mampu mendorong kreatifitas dari anak-anak yang punya talenta di bidang musik. Anak-anak ini punya potensi luar biasa dalam seni, cuma belum dimaksimal dengan wadah yang tepat,” kata Matatula saat dikunjungi Lelemuku.com di ruang kerjanya.

Asisten III meminta semua pihak agar mampu menciptakan kegiatan musik seperti ini agar generasi muda tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

“Kita harus dorong mereka karena sekarang banyak juga yang menjurus ke hal-hal yang negatif. Ketika kita tidak mendorong mereka dengan hal-hal yang positif seperti ini, otomatif mereka akan lari ke jalan yang lain, padahal mereka punya talenta luar biasa untuk berkarya di dunia seni,” tegas Matatula.

Iapun memuji Rumah Kreatif Saumlaki yang mengagas pentas seni jalanan lewat Hip-Hop Asongan untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat dan talenta musik yang dimiliki oleh putra-putri Tanimbar yang dibuat secara langsung di ruang terbuka.

“Dimana-mana orang tahu kalau orang Maluku itu luar biasa seninya. Bisa menciptakan lagu dimana saja, termasuk di jalan. Nah, kita harus menciptakan suasana seperti itu, bukan berarti kita musti di jalan, tapi bagaimana kita menempatkan lokasi itu supaya jangan dibatasi hanya di dalam gedung. Supaya mereka bisa berkarya dan berkreasi secara bebas,” ungkap Matatula.

Iapun menyarankan agar kegiatan tersebut harus terus ditingkatkan dan terprogram agar lebih baik dan maksimal.

“Kegiatan seperti begini harus terus ditingkatkan dan terprogram, supaya jangan kesannya bangun tidur besok langsung buat tapi harus melalui perencanaan yang matang, karena dalam sisi anggaran harus dalam perencanaan yang matang. Supaya ada kebijakan pemerintah daerah melalui Bupati, Wakil Bupati dan Sekda yang bisa diakomodir atau membantu,” sarannya. 

Rumah kreatif saumlaki merupakan wadah ekspresi seni yang digagas oleh komunitas seni anak muda asal Desa Watmuri, Kecamatan Nirunmas yang dipimpin oleh Emooz Kofit.
Rumah kreatif saumlaki merupakan wadah ekspresi seni yang digagas oleh komunitas seni anak muda asal Desa Watmuri, Kecamatan Nirunmas yang dipimpin oleh Emooz Kofit. 

Kegiatan Hip-Hop Asongan Asongan tersebut digelar dalam rangka memeriahkan hari Kasih Sayang, dengan Tema “Cinta Tanimbar” yang melibatkan seluruh siswa-siswi SMA, SMK dan Perguruan Tinggi di Kota Saumlaki.

Ide dari kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap perkembangan seni dan dapat menampilkan bakat-bakat seni yang dimiliki oleh anak-anak muda di Negeri Duan Lolat yang disaksikan oleh warga MTB secara langsung di ruang terbuka.

Para seniman muda yang mengisi acara tersebut, diantaranya Emooz Kofit, Komunitas Sormudi, Orchestra Tanimbar, Golgota, TanemRap, Naraka Family, Sinden Crue, L2PW Smongkis, The Manizo, Bles Five Dance, Nyong Kev, Antabel dan Tahuri.

Kegiatan tersebut juga didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten MTB dan disponsori oleh Bank Moderen Express Cabang Saumlaki, Bank BRI Cabang Saumlaki, Dr. Jack Distro dan Media Online Lelemuku.Com. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel