Mahasiswa Prodi Matematika STKIPS Adakan Ujian di Lermatang - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Mahasiswa Prodi Matematika STKIPS Adakan Ujian di Lermatang

Mahasiswa Prodi Matematika STKIPS Adakan Ujian di Lermatang LERMATANG, LELEMUKU.COM – Mahasiswa semester 5 dan 7 Program Studi (Prodi) Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki (STKIPS) pada Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) mengadakan ujian akhir semester (UAS) mata kuliah Topologi di Pantai Desa Lermatang, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, pada Sabtu (27/1).

Jumlah mahasiswa yang mengikuti UAS mata kuliah tersebut berjumlah 21 orang, diantaranya 11 orang mahasiswa semester 5 dan 10 orang mahasiswa semester 7. UAS ini merupakan ujian praktek dengan materi tentang “relasi dan fungsi” untuk semester 5 dan “fungsi turunan” untuk semester 7.

Perjalanan diawali dengan kumpul bersama di Prodi Matematika pada pukul 13.00 WIT dan memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit perjalanan menuju lokasi pantai Lermatang. Lalu sesampainya di lokasi, kegiatan dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa bernama Simon Samangun, kemudian makan bersama dan kegiatan UAS-pun berlangsung.

Masing-masing kelompok memilih ketuanya. Semester 5 diketuai oleh Elisabet Batnyanik dan semester 7 oleh Dorci Batkunda. Setelah itu ujian prakter berlangsung dimana 2 kelompok tersebut diminta untuk mencari benda-benda yang berada di sekitar pantai, yang berkaitan dengan materi. Dan  masing-masing kelompok tersebut akan mempersentasikan hasil penelitian mereka.

Menurut Dosen Mata Kuliah Topologi, P. P Kundre S.Pd bahwa materi mata kuliah ini sengaja dilakukan secara praktek di alam terbuka.

“Alasan terkait materi tentang fungsi ini, secara langsung kami adakan praktek, karena fungsi punya kaitan erat dengan kehidupan manusia ,” kata Kundre kepada Lelemuku.com.

Iapun mengutarakan alasan memilih Pantai Lermatang sebagai tempat ujian.

“Kami memilih ujian akhir ini di pante Lermatang karena langsung berhadapan dengan alam terbuka, yang sudah pasti banyak hal yang akan ditemui, yang berkaitan dengan fungsi,” tambah Kundre.

Kundrepun berharap agar proses ujian ini bisa berhasil dan mahasiswa bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.

Sementara itu, Salah satu mahasiswa semester 5, Dien Lamers mengungkapkan antusiasnya mengikuti ujian tersebut.

“Saya sangat senang dengan ujian kali ini karena dilakukan di luar lingkungan kampus. Kalau di kelas saja kan bosan. Tapi ini di kampung jadi bisa sekalian refreshing bersama teman-teman dan semoga nilai kami bagus,” kata Dien.

Topologi sendiri merupakan cabang dari matematika yang mempelajari fungsi kontinu secara umum serta objek-objek yang diawetkan oleh fungsi kontinu tersebut, yang bertitik tolak pada himpunan dan fungsi. (Eva Bembuain)

Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment