Withney Teftutul Promosikan Kain Tenun Tanimbar di Indonesian Idol 2018 - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Withney Teftutul Promosikan Kain Tenun Tanimbar di Indonesian Idol 2018

Withney Teftutul Promosikan Kain Tenun Tanimbar di Indonesian Idol 2018SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Withney Julinetha Teftutul Sambonu, gadis manis asal Desa Watidal, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) yang mewakili Provinsi Maluku dalam ajang pencarian bakat “Indonesian Idol” mempromosikan kain Tenun Tanimbar dalam kesempatan pentasnya di televisi.

Hal ini terlihat saat pemutaran video preview sebelum penampilannya di top 15 besar Indonesian Idol 2018, pada Senin (23/1). Terlihat Withney menggunakan kain tenun tersebut saat melakukan latihan akhir sebelum pentasnya, hal yang sama juga ditunjukan oleh keluarga dan para pendukungnya dengan turut menggunakan kain tenun saat konser berlangsung.  

Meski ia tidak mengungkapkan secara langsung lewat kata-kata namun lewat tindakan bersama keluarga dan pendukungnya ini merupakan bentuk promosi terhadap kain tenun Tanimbar.

Hal ini disambut positif oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten MTB, Ir. Mynrik Batlolona, MT yang mengatakan kain tenun Tanimbar merupakan identitas dan kebanggaan orang Maluku.

“Itu bagian dari identitas kita, bukan saja orang Tanimbar tapi juga seluruh orang Maluku. Jadi kita semua harus bangga jadi orang Tanimbar, orang Maluku dan orang Indonesia.” ujar ia kepada Lelemuku.com melalui pesan WhatsApp, pada Selasa (23/1).

Batlolona mengajak masyarakat MTB agar memberikan dukungan kepada Withney yang berusaha mengharumkan nama Maluku secara nasional melalui ajang pencarian bakat ini.

“Kami tetap dukung untuk keberhasilan salah satu putri terbaik Tanimbar dan Maluku ini,” tegas ia.

Kain tenun Ikat Tanimbar sendiri adalah kain yang dihasilkan dari proses menenun masyarakat Kepulauan Tanimbar. Kain tenun ini memiliki motif yang berbeda-beda yang sangat berkaitan dengan adat istiadat, kepercayaan, kebudayaan dan kebiasaan masyarakatnya.

Motif tenun tersebut diantaranya Motif Sair yang memiliki ciri khas seperti bendera melambangkan kemenangan, Motif Tunis memiliki ciri berbentuk anak panah tunggal atau kembar dengan fiosofi masyarakat tanimbar selalu berhati-hati dari segala ancaman yang ada, Motif Eman Matan Lihir menggambarkan peranan wanita dalam keluarga, Motif Matantur ini berwarna biru yang melambangkan laut Tanimbar, Motif Wulan Lihin atau Wulan Sindrak berbentuk seperti bulan sabit dimana dijadikan kesempatan untuk mencari hasil laut  dan Motif Bunga Anggrek menggambarkan kecantikan, keagungan dan keuletan. (Laura Sobuber)
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment